Author Guidelines

PEDOMAN TEKNIS PENULISAN

Artikel merupakan tulisan konsepsional (library research) atau hasil penelitian studi Manajemen Pendidikan Islam dari lapangan (field research) yang belum pernah diterbitkan oleh media cetak lain.

  1. Topik yang dikaji meliputi studi manajemen pendidikan atau Manajemen pendidikan Islam dari berbagai perspektif.
  2. Penulis bisa berasal dari kalangan dosen, pengamat, praktisi, peneliti, guru atau aktivis
  3. Artikel ditulis dalam bahasa Indonesia, bahasa Arab atau bahasa Inggris baku dengan jarak 1,5 spasi pada kertas HVS ukuran A4 dan dikirim ke redaksi dalam bentuk Soft copy dikirim ke alamat e-mail : jurnal.alidaroh@gmail.com.
  4. Panjang tulisan antara 15-30 halaman, tidak termasuk Bibliography.
  5. Artikel yang memenuhi syarat akan diseleksi dan diedit dewan redaksi untuk penyeragaman format dan gaya penulisan, tanpa merubah substansinya.
  6. Nama penulis artikel (tanpa gelar akademik atau jabatan) dicantumkan dengan disertai alamat korespondensi, alamat email, dan atau nomor telepon seluler.
  7. Artikel berupa library research meliputi judul, nama dan identitas penulis, abstrak maksimal 200 kata dengan berbahasa Inggris, keywords, pendahuluan, isi atau pembahasan, penutup dan bibliography.
  8. Artikel berupa field research meliputi judul, nama dan identitas penulis, abstrak  maksimal 200 kata dengan berbahasa Inggris, key words, pendahuluan (masalah, tujuan dan manfaat penelitian), metode penelitian, hasil penelitian, pembahasan atau analisis, penutup dan bibliography.
  9. Keywords dapat berbentuk kata atau frase.
  10. Istilah-istilah asing (non-Indonesia) harus dicetak miring atau italics.
  11. Penulisan catatan kaki (foot note) dan bibliography berbeda. Perbedaannya dapat diketahui pada contoh berikut :
    Contoh Catatan Kaki
    catatan kaki (footnote) adalah salah satu dari tiga tegnik penulisan yang berfungsi untuk menandai identitas  sumber data. selain itu footnote juga dapat digunakan untuk memberikan keterangan tambahan tentang sesuatu subyek atau persoalan yang tidak mungkin dijelaskan dalam bodi teks namun namun masih sangat berkaitan dengan persoalan yang dibahas. penjelasan seperti itu harus ditempatkan pada footnote, karena jika dituliskan dalam bodi teks akan mengganggu alur pembahasan.
    disamping catatan kaki, terhadap dua teknek penulisan lain, yaitu catatan akhir (endnot) dan catatan tengah (innote). pada perinsipnya catatan kaki dan catatan akhir tidak berbeda, kecuali hanya pada letaknya. catatan kaki terletak di bagian bawah bodi teks, sedangkan catatan akhir terletak pada bagian belakang setiap bab atau di bagian akhir buku. catatan tengah (innote) adalah catatan yang diletakkan langsung di akhir tulisan (masuk di bodi teks). di bandingkan dengan catatan akhir, catatan kaki lebih praktis, sebab pembaca bisa langsung mengetahui identitas sumber yang disebutkan dalam halaman  yang sama dengan kutipan. karena itu karya ilmiah cendrung lebih banyak mengunakan model catatan kaki dibandingkan dengan dua model yang lain  tadi. dengan pertimbangan seperti itu, maka catatan kaki dipilih sebagai teknik yang diperlakukan dalam kegiatan penulisan artikel jurnal Al-Iddaroh.
    Sumber dari buku.
    1 Amin Abdullah, Falsafat Kalam di Era Postmodernisme (Yogyakarta : Pustaka Pelajar, 1997), 31.
    Sumber dari buku hasil terjemahan.
    1 Michel Foucault, Arkeologi Pengetahuan, terj. Muchtar Zoerni (Yogyakarta : Qalam, 2002), 11.
    Sumber dari buku yang ditulis lebih dari satu pengarang
    1 J.S. Colemen et. al, Equality of Education Opportunity (Washington : US. Government Printing Office, 1966), 15.
    Sumber dari artikel dalam buku
    1 Jajat Burhanudin, “Arkeologi dan Kajian Islam di Indonesia” dalam Menemukan Peradaban Hasan Muarif
    Ambary (ed.)
     (Jakarta : Logos Wacana Ilmu, 1998), 12.
    Sumber dari buku yang terdiri dari beberapa volume, jilid atau juz.
    1 V.L.Parrington, Main Current in American Thought, vol. 2 (New York : An Aerbor Press, 1970), 18.
    2 Harun Nasution, Islam Ditinjau Dari Berbagai Aspeknya, jilid 1 (Jakarta : UI Press, 1972), 23.
    Sumber dari artikel di jurnal ilmiah dan majalah
    1 M. Rofiq Al-Amien, “Fundamentalisme Islam dalam Hizbut Tahrir Indonesia,” Jurnal Islamica, Tahun IV, No.
    2
    (Maret 2004), 34.
    2 Richard Thomas, Menguak Abad Baru Hijrah di Eropa, Majalah Panji Masyarakat, Tahun XII, No. 314 (Pebruari, 1981), 19.
    Sumber dari hasil penelitian yang tidak dipublikasikan  (Skripsi, Tesis, Disertasi)
    1 Bisri afandi, “Shaikh Ahmad al-Shurkati: His Role in Al-Irshad Movement,” (Tesis MA., MeGill Universitu, Montreal, 1976), 34.
    2 Munawir, “Pendidikan Moral dalam Perspektif Hamka” (Tesis, Pascasarjana IAIN Sunan Ampel, Surabaya, 2000), 7.
    3 Nur Syam, “Islam Pesisir” (Disertasi, Universitas Airlangga, Surabaya, 2002), 31.
    Sumber dari hasil laporan penelitian tidak diterbitkan, baik penelitian individu maupun penelitian kolektif
    1 Surjo Sumarsono, “Saran Untuk Memperbaiki Pendidikan Jasmani,” Laporan penelitian tidak diterbitkan
    (Bandung : UPI, 1990), 20.
    Sumber dari hasil wawancara
    1 Sholahudin Wahid, Pengasuh Pondok Pesantren Tebuireng, wawancara pribadi, Jombang, 21 April 2009.
    Sumber dari tulisan (entry) di sebuah ensiklopedi.
    1 A.J. Wensi, “Kufr,” The Frist Encyclopaedia of Islam, ed. M. Th. Houtsman, et. al. (leiden: E.J. Brill, 1987) Vol. 7, 234
    2 Muh. Iskandar, “Islam dan Kolonialisme,” Ensiklopedi Tematis Dunia Islam, vol. 5 (Jakarta : Ichtiar Baru van Hoeven, 2002), 31.
    Sumber dari artikel di website atau e-mail
    1Aqida Swamurti, “Skandal Plagiarisme, Menteri Pertahanan Jerman Mundur,” dalam http://www.tempointeraktif.com/share/?act=TmV3cw ... diakses 10 Maret 2011.
    2 Roger Jones, “Moral Phiolosophy,” dalam http://www.philosophy.org.uk/ moral.htm, diakses 10 Mei
    Sumber berupa peraturan  (UUD, UU, Keppres, PP, Permendiknas, Kepmen dsb)
    1 Undang-undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen (Jakarta : Asa Mandiri, 2006), 8.
    Untuk  sumber  foot note (catatan khaki) yang sama dengan sumber di atasnya langsung, maka digunakan kata Ibid.
    1al Ghazaly, Ihya' Ulumuddin, juz 2 (Mesir : Darul Kutub, 1979), 6.
    2Ibid., 71.
    Foot note (catatan khaki) yang sama dengan sumber di atasnya tetapi tidak langsung  (Op.cit)
    1V.L.Parrington, Main Current in American Thought, vol. 2 (New York : An Aerbor Press, 1970), 17.
    2Al Ghazaly, Ihya' Ulumuddin, juz 2 (Mesir : Darul Kutub, 1979), 6.
    3V.L.Parrington, Op. Cit, 86.
    Foot note (catatan khaki) yang sama dengan sumber di atasnya tetapi tidak langsung  dan diselinggi 2 sumber lain atau lebih (Loc.cit)
    1V.L.Parrington, Main Current in American Thought, vol. 2 (New York : An Aerbor Press, 1970), 17.
    2Al Ghazaly, Ihya' Ulumuddin, juz 2 (Mesir : Darul Kutub, 1979), 6.
    3Muh. Iskandar, “Islam dan Kolonialisme,” Ensiklopedi Tematis Dunia Islam, vol. 5 (Jakarta : Ichtiar Baru van Hoeven, 2002), 31.
    4V.L.Parrington, Loc. Cit, 86.

    Contoh Bibliography
    Teknik Penulisan Sumber dalam Bibliography pada dasarnya sama tidak jauh beda  dengan teknis penulisan catatan kaki (Footnote). Penulisan catatan kaki dapat diurutkjan sebagai berikut: Pertama, menulis nama penulis/pengaran, yaitu dengan menulis nama akhir (Last Name) dan diberi tanda koma, kemudian diikuti nama awal lengkap (Frist Name) dan selanjutnya nama kedua dan seterusnya (bila ada) dan diakhiri dengan titik. Kedua, menulis judul buku dicetak miring dan diikuti dengan tanda titik. Tiga, Menulis nama kotak tempat sumber/buku diterbitkan dan diikuti dengan tanda titik dua (:). Keempat, Menulis nama penerbit, koma dan tahun diterbitkannya, kemudian titik.

    Ash-Shiddieqy, Hasbi. Kriteria Antran Sunnah dan Bid'ah. Jakarta: Bulan Bintang, 1976
    Hamalik, Oemar. Pengjaran Unit Studi Kurikulum dan Metodologi. Bandung: Alummni, 1982
    ___________, Aadministrasi dan Supervisi Pengembangan Kurikulum. Bandung Mandar Maju, 1992.
    Soetopo, Hendiyat dan Wasty Saeoemanto. Pembinaan dan Pengembagang Kurikulum Sebagai Subtansi Problem Administrasi Pendidikaa. Jakarta: Bina Aksara, 1986
    Slamet dkk. Management Peningkatan Mutu Berbasi Sekolah (MPMBS). Jakarta: Depdiknas, 2001.
  1. Penulisan artikel menggunakan pedoman transliterasi Arab-Indonesia sebagaimana berikut:

Arab

Indonesia

Arab

Indonesia

ا

‘a

ط

th

ب

b

ظ

zh

ث

t

ع

‘a

ت

ts

غ

gh

ج

j

ف

f

ح

h

ق

q

خ

kh

ك

k

د

d

ل

l

ذ

dz

م

m

ر

r

ن

n

ز

z

و

w

س

s

ها

h

ش

sy

ء

,

ص

sh

ي

y

ض

dh