Manajemen Kaderisasi Guru Al-Qur’an untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan di Pondok Pesantren Al-Urwatul Wutsqo Bulurejo Diwek Jombang

Authors

  • Moh. Zahiq Prodi Pendidikan Agama Islam, STIT Al-Urwtaul Wutsqo Jombang

Keywords:

Cadres Forming, Education Quality, Pesantren

Abstract

This study is done in al Urwatul Wutsqo boarding school, and focusing on three aspects, such as cadres forming quality; cadres forming of al Qur’an teacher to increase education quality; and the problems occurred in conducting cadres forming in al Urwatul Wutsqo. The research results are: 1. the cadres forming quality are in the field of a) government support; b) effective leader in managing; c) professional teacher; d) the relevance curriculum; e) graduate with certain quality; f) good culture organization and climate; g) community and parents ‘support. 2. The cadres forming management of al Qur’an teacher to increase education quality are in the field of a) implementation of cadres forming started from the first time the students stay at the boarding house; b) it conducted at diniyah; the graduates are given a card as proof that they have been graduated; practicing of teaching in the institution nearby; 3. The obstacle factors are: a) less of human resources; b) less of cadres forming; c) teachers; and d) the fluctuate system.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A’la, Abd. Pembaruan Pesantren, Yogyakarta: Pustaka Pesantren, 2006.
Agustanico Dwi Muryadi, Model Evaluasi Program Dalam Penelitian Evaluasi, Jurnal Ilmiah PENJAS, Vol.3 No.1, Bulan Januari Tahun 2017
Ahmad Janan Asifudin, “Manajemen Pendidikan untuk Pondok Pesantren” Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, Volume 1, Nomor 2, Bulan November Tahun 2016.
Ahmad Khori, “Manajemen Pesatren Sebagai Khazanah Tonggak Keberasilan Pendidikan Islam”, Junal Manajemen Pendidikan Islam, Volume 2, Nomor 1, Bulan Mei Tahun 2017.
Amrullah Aziz, “Peningkatan Mutu Pendidikan” Jurnal Studi Islam, Volume 10, No. 2, (Desember 2015), 1.
Arifin, Ahmad. Politik Pendidikan Islam, Yogyakarta: Teras, 2010.
Chotimah, Chusnul. & Fathurrohman, Muhammad. Komplemen Manajemen Pendidikan Islam, (Yogyakarta: Teras, 2014), 1.
Daryanto. Media Pembelajaran, Yogyakarta: gava media 2010
Fadhli, Muhammad. Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan, Jurnal, TADBIR, Studi Manajemen Pendidikan, Vol.1, No.02, Tahun 2017
Fattah, Nanang. Landasan Manajemen Pendidikan, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2017.
Hasan, Mohammad. “Perkembangan Pendidikan Pesantren di Indonesia”, Jurnal Tadris, Volume 10, Nomor 1, Bulan Juni Tahun 2015.
Hikmat. Manajemen Pendidikan, Bandung: Pustaka Setia, 2009.
Huriya, Lilik. dan Endraswari. “Penereapan Total Quality (TQM) dalam Meningkatkan Mutu Layanan Publik UIN Sunan Ampel Surabaya”, Jurnal Joies; Jurnal Of Islamic Education Studies, Volume 1, Nomor 2, Bulan Desember Tahu 2016.
Ijudin, “Pengembangan Konsep Mutu Pendidikan Pondok Pesantren”, Jurnal Pendidikan Universitas Garut, Vol.09, No.01, 2015, 24.\
Imam Syafe’i, “Pondok Pesantren Lembaga Pendidikan Pembentukan Karakter”, Jurnal Pendidikan Islam, Volume 8, Bulan Mei Tahun 2017.
Indana, Nurul. “Implementasi Total Quality Management (TQM) dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan (Studi Kasusu di MTs Salafiyah Syafi’iyah Tebuireng)”, Jurnal Al-Idaroh, Vol.1, No.1, Bulan Maret Tahun 2017.
Kurniadin, Didin. Manajemen Pendidikan Konsep & Prinsip PengelolaanPendidikan, Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.2012.
Kurniadin. dan Machali. Manajemen Pendidikan Konsep & Prinsip Pengelolaan Pendidikan, Jogjakarta : Ar-Ruzz Media, 2016.
Muniri, Kaderisasi Organisasi (Tulisan Lepas Disampaikan Pada Diklat LMT oleh BEM STKIP PGRI Tulungagung 27 April 2014.
Najmunnisa, Anis. dkk. “Implementasi Model Kaderisasi Mahasiswa untuk Membangun Karakter Unggulan di Masjid Salaman”, Jurnal Soseitas, Vol. 7, No. 2, Tahun 2017
Nofiard, Farid. “Kaderisasi Kepemimpinan Pembakal (Kepala Desa) di Desa Hamalau Kabupaten Hulu Sungai Selatan”, Jurnal Ilmu Politik dan Pemerintahan Lokal, Volume II, Edisi 2, Bulan Desember Tahun 2013.
NurEfendi, H. Islamic Educational Leadership, Yogyakarta: Kalimedia, 2017.
Priansa, Donni Juni. dan Setiana, Sonny Suntani. Manajemen dan Supervisi Pendidikan, Bandung: Pustaka Setia, 2018.
Rahmawatu, Rkhaini Fitri. Kaderisasi Dakwah Melalui Lembaga Pendidikan Islam, Jurnal Manajemen Dakwah, Vol. 1, No, Bulan Juni Tahun 2016.
Rasmi, Peningkatan Mutu dan Profil Dalam Persektif Total Quality Managemen (TQM), Jurnal Al-Ta’dib, Vol.7 No.1, Bulan Juni Tahun 2014.
Siswanto, “Desain Mutu Pendidikan Pesantren”, Jurnal Sosial Dan Budaya Keislaman”, Vol.23, No.2, Bulan Desember Tahun 2015.
Sudjono, Anas, Tuntunan Penyusunan Karya Ilmiah (Makalah, Skripsi, Tesis, disertasi), Bandung: Sinar Baru Algesindo, 1999.
Sugiono. Metode Penelitian Pendidikan: metode kuantitatif, kualitatif danR&.D, Bandung: Alfabeta, 2010.
Sulistyorini, Manajemen Pendidikan Islam, Yogyakarta: Sukses Offset, 2009.
Sunardi. “Kepemimpinan Kiai dalam Pengembangan Pondok Pesantren Al-Urwatul Wutsqo Jombang”, Jurnal Al-Idaroh, Vol. 1 No. 1, Bulan Maret Tahun 2017.
Syamsuddin, “Penerapan Funsi-Funsi Manajemen dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan”, Jurnal Idaarah, Vol.1, No.1, Bulan Juni Tahun 2017.
Winarsih, Sri. Kebijakan dan Implementasi Manajemen Pendidikan Tinggi dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan, Cendekia Vol.15 No.1, Bulan Juni, 2017.

Downloads

Published

2019-12-06

How to Cite

Zahiq, M. (2019). Manajemen Kaderisasi Guru Al-Qur’an untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan di Pondok Pesantren Al-Urwatul Wutsqo Bulurejo Diwek Jombang. Al-Idaroh: Jurnal Studi Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), 52-78. Retrieved from https://jurnal.stituwjombang.ac.id/index.php/al-idaroh/article/view/76

Issue

Section

Articles