HUBUNGAN TUNJANGAN PROFESI TERHADAP KINERJA GURU DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI SE-KECAMATAN TEMBILAHAN KABUPATEN INDRAGIRI HILIR PROVINSI RIAU

Authors

  • Saruji SMPN 1 Tembilahan Hulu Indragiri Hilir

Keywords:

hubungan, tunjangan profesional, kinerja guru

Abstract

Abstract: This study aims to determine the relationship between the professional allowance with a good performance. The research was conducted in District Tembilahan Indragiri. The hypothesis of this study reads: there is significant relationship between professional allowance to performance teacher at Junior High School Affair in District Tembilahan. The study population include all teacher Civil Servants (PNS) has had sertification and has having give professional allowance at Junior High School Affair 1 in district Tembilahan, at Junior High School Affair 2 in district Tembilahan, at Junior High School Affair 3 in district Tembilahan totaling 45 people, because population less from 100 people, so this study choose total population or total sampling. The result of the reseach as follow: there is relationship between profesional allowance with to teacher performance, with coofficients correlation (rxy)=0,430 with a percentage of 18,49% and regretion equation ?=108,805 + 0,481. Thus base on the description above, it can be know that professional allowance determmain the performance of theacher.

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap hubungan antara pemberian tunjangan professional dengan perbaikan kinerja. Penelitian ini dilakukan di Kecamatan Tembilahan Kabupaten Indragiri. Hipotesis penelitian ini adalah ada hubungan signifikan antara pemberian tunjangan professional dalam meningkatkan kinerja guru di SMPN Tembilahan. Populasi penelitian adalah semua guru PNS yang sudah memiliki sertifikat dan menerima tunjangan profesional di SMPN 1, SMPN 2 dan SMPN 3 Tembilahan, total 45 orang, karena populasi di bawah 100 orang, maka penelitian ini mengambil seluruh populasi atau total sampel. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada hubungan antara pemberian tunjangan professional dengan perbaikan kinerja, dengan korelasi koefisien (rxy)=0,430 dengan persentase 18,49% dan persamaan regresi ?=108,805 + 0,481. Berdasarkan deskripsi di atas, diketahui bahwa pemberian tunjangan profesional berpengaruh kepada kinerja guru.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Chatib, Munif. Sekolahnya Manusia: Sekolah Berbasis Multiple Intelegences di Indonesia. Bandung: Kaifa PT Mizan Pustaka, 2010.

Creswell, John W. Educational Research. New Jersey: Pearson Education Inc, 2008.

Danim, Sudarwan. Profesionalisasi dan Etika Profesi Guru. Bandung: Alfabeta, 2010.

Hadi, Sutrisno. Metodologi Research, Jilid dua edisi kedua. Yogyakarta: Andi Offset, 2004.

Riduwan. Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta, 2010.

Rusyan, A. Tabrani dan M. Sutisna W.D. Kesejahteraan dan Motivasi dalam Meningkatkan Efektivitas Kinerja Guru. Jakarta: Intimedia Ciptanusantara, 2008.

Yamin, Martinis dan Maisah. Standarisasi Kinerja Guru. Jakarta: Gaung Persada, 2010.

Downloads

Published

2023-10-02

How to Cite

Saruji. (2023). HUBUNGAN TUNJANGAN PROFESI TERHADAP KINERJA GURU DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI SE-KECAMATAN TEMBILAHAN KABUPATEN INDRAGIRI HILIR PROVINSI RIAU. Ziyadah: Jurnal Nasional Penelitian Dan Pembelajaran PAI, 6(1), 39-52. Retrieved from https://jurnal.stituwjombang.ac.id/index.php/ziyadah/article/view/1287

Issue

Section

Articles