MENINGKATKAN KOMPETENSI DAN KENERJA GURU MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN MELALUI SUPERVISI EDUKATIF KOLABORATIF DENGAN BIMBINGAN BERKELANJUTAN DI SDN 010 SANGATTA SELATAN KUTAI TIMUR

Authors

  • Rusini SDN 010 Sangatta Selatan Kutai Timur

Keywords:

kelengkapan perangkat, pembelajaran, supervisi kepala sekolah

Abstract

Abstract: This article presents the results of a school action research (SAR) conducted over two cycles at SDN 010 Sangatta Selatan during the 2019/2020 academic year. Each cycle consisted of planning, implementation, evaluation and reflection phases. The research method used was descriptive, using a percentage technique to track changes from one cycle to the next cycle. The first cycle was carried out from July to September 2019, while the second cycle took place from October to November 2019. Data were collected through non-test methods, using observation sheets. Data analysis involved both qualitative and quantitative approaches, with percentages used for analysis. The SAR results indicate that collaborative supervision with ongoing guidance can enhance teachers' competence and performance in delivering instruction. This was evidenced by observations showing an improvement in teachers' competence in conducting lessons from one cycle to the next cycle, including the development of instructional materials. In the first cycle, the overall average completion rate was 66.67%, while in the second cycle, it reached 88.89%. Generally, teachers were deemed successful in the second cycle, with an average improvement score of 8.67 and a total percentage improvement of 22.22%. These findings demonstrate that the improvements made in the second cycle were effective. Academic supervision was effectively utilized to enhance the competence of teachers at SDN 010 Sangatta Selatan in developing comprehensive instructional materials.

Abstrak: Artikel ini hasil penelitian tindakan sekolah (PTS) yang dilakukan sebanyak dua siklus di SDN 010 Sangatta Selatan tahun pelajaran 2019/2020, dengan setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan refleksi. Metode yang digunakan adalah deskriptif, dengan menggunakan teknik prosentase yang terjadi dari siklus ke siklus. Siklus pertama dilaksanakan Juli sampai September 2019, sedangkan siklus kedua digelar Oktober sampai November 2019. Teknik pengumpulan data melalui non-tes, dengan lembar observasi. Teknik analisis data menggunakan persentase dengan menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil PTS ini menunjukkan bahwa supervisi kolaborasi dengan bimbingan berkelanjutan dapat meningkatkan kompetensi guru dan kenerja guru dalam melaksanakan pembelajaran. Hal itu dibuktikan dari hasil observasi yang memperlihatkan bahwa terjadi peningkatan kompetensi guru dalam melaksanakan pembelajaran dari siklus ke siklus, termasuk membuat kelengkapan perangkat pembelajaran. Jika pada siklus I total nilai rata-rata keseluruhan yaitu persentase ketuntasan 66,67% dan 88,89% pada siklus II guru secara umum dikatakan tuntas dengan total nilai peningkatan rata-rata guru adalah 8,67 dan total peningkatan persentase adalah 22,22%. Hal ini menunjukan usaha perbaikan yang dilakukan pada siklus II membawa perubahan. Supervisi akademik efektif digunakan untuk meningkatkan kompetensi guru di SDN 010 Sangatta Selatan dalam pembuatan kelengkapan perangkat pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asrori, Mohammad. Metodologi dan Aplikasi Riset Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara, 2019.

Departemen Pendidikan Nasional RI. Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Direktorat Pendidikan Menegah Umum, 2006.

Djazuli. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar, 2000.

Mukani. “Redefinisi Peran Guru Menuju Pendidikan Islam Bermutu.” Journal of Islamic Education Studies, Vol. 2 No. 1 (2014).

Permendiknas Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru. Jakarta: Depdiknas, 2007.

Syamsuddin. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya, 2005.

Downloads

Published

2023-10-02

How to Cite

Rusini. (2023). MENINGKATKAN KOMPETENSI DAN KENERJA GURU MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN MELALUI SUPERVISI EDUKATIF KOLABORATIF DENGAN BIMBINGAN BERKELANJUTAN DI SDN 010 SANGATTA SELATAN KUTAI TIMUR. Ziyadah: Jurnal Nasional Penelitian Dan Pembelajaran PAI, 6(1), 53-82. Retrieved from https://jurnal.stituwjombang.ac.id/index.php/ziyadah/article/view/1288

Issue

Section

Articles