PROBLEMATIKA PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) UNTUK MEMPERKUAT HARMONISASI DALAM KEHIDUPAN BERBANGSA DI SMAN 1 JOMBANG

Authors

  • Mukani SMAN 1 Jombang Jawa Timur

Keywords:

peran guru agama, problematika, sekolah multikultur

Abstract

Abstract: This article focuses on two research problems, namely (1) how is the portrait of the multicultural school in SMAN 1 Jombang? (2) How is the role of Islamic Education teachers in strengthening the character of students through multicultural-based Islamic religious learning at SMAN 1 Jombang? This research design of this study is descriptive analytic with data collecting instruments in the form of interview, observation and documentation. The research was conducted from August 2019 to January 2020. The result of this study indicates that SMAN 1 Jombang is a multicultural school because of the different religious backgrounds embraced by school members, ranging from Islam, Christianity/Protestantism, Catholicism, Hinduism and Buddhism. Judging from the origin of the tribe, the school members of the SMAN 1 Jombang also vary, some are from Java, Madura, China, Bugis and Sundanese. This condition is added to the different economic backgrounds of them, ranging from rich, middle and poor groups. The differences between religion and ethnicity never lead to conflict, because they are supported by an attitude of tolerance in responding to existing differences. The role of Islamic education teachers in maintaining tolerance at the multicultural school of SMAN 1 Jombang is not only in the learning process, but also in school activities. The conclusion of this study shows the various roles of PAI teachers in preventive efforts to manage multiculture into positive energy for advancing SMAN 1 Jombang.

Abstrak: Artikel ini memfokuskan kajiannya kepada dua rumusan masalah, yaitu (1) Bagaimana potret sekolah multikultural yang terdapat di SMAN 1 Jombang? (2) Bagaimana peran guru PAI dalam penguatan karakter peserta didik melalui pembelajaran agama Islam berbasis multikultural di SMAN 1 Jombang? Jenis penelitian ini adalah deskriptif analitik dengan instrumen penggalian data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian dilakukan sejak bulan Agustus 2019 sampai dengan Januari 2020. Hasil penelitian menunjukkan SMAN 1 Jombang menjadi sekolah multikultur karena perbedaan latar belakang agama yang dipeluk warga sekolah, mulai dari Islam, Kristen/Protestan, Katholik, Hindu dan Budha. Dilihat dari asal usul suku, warga sekolah SMAN 1 Jombang juga bervariasi, ada yang dari Jawa, Madura, Cina, Bugis dan Sunda. Kondisi ini ditambah dengan berbedanya latar belakang ekonomi warganya, mulai dari kaya, menengah dan golongan miskin. Perbedaan agama dan suku tersebut tidak pernah sampai memunculkan konflik, karena didukung oleh adanya sikap toleransi dalam mensikapi perbedaan yang ada. Peran guru PAI dalam merawat toleransi pada sekolah multikultur SMAN 1 Jombang tidak hanya dalam proses pembelajaran, namun juga pada kegiatan-kegiatan di sekolah. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan berbagai peran PAI dalam upaya-upaya preventif untuk mengelola multikultur menjadi energi positif demi memajukan SMAN 1 Jombang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aly, Abdullah. Pendidikan Islam Multikultural di Pesantren. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2012.

Arifin, Akhmad Hidayatullah. “Implementasi Pendidikan Multikultural Dalam Praksis Pendidikan di Indonesia,” Jurnal Pengembangan Pendidikan, Vol. 1 No. 1 (Juni 2012), 72-82.

Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta, 2010.

Baidhawy, Zakiyuddin. Pendidikan Agama Berwasan Multikultural. Jakarta: Erlangga, 2005.

Buku Induk Siswa SMAN 1 Jombang, diperoleh 12 Agustus 2017.

Deiniatur, Much. “Implementasi Pendidikan Multikultural Pada Anak-anak Melalui Model Pembelajaran Bermain Peran,” Jurnal Thufula, Vol. 4 No. 1 (Juli 2016), 89-103.

Dokumen profil sekolah SMAN 1 Jombang, 9 Oktober 2017.

Hadi, Sutrisno. Metodologi Research. Yogyakarta: Andi Offset, 1987.

Hilmy, Masdar. Islam, Politik dan Demokrasi. Surabaya: Imtiyaz, 2014.

Ibrahim, Rustam. ”Pendidikan Multikultural: Pengertian, Prinsip dan Relevansinya dengan Tujuan Pendidikan Islam,” Jurnal Addin, Vol. 7 No. 1 (2013), 129-154.

Khusna, Nidaul. ”Peran Guru PAI dalam Menumbuhkan Karakter Anti Korupsi,” Jurnal Mudarrisa, Vol. 8 No. 2 (Desember 2016), 173-200.

Kirom, Askhabul. “Peran Guru dan Peserta Didik Dalam Proses Pembelajaran Berbasis Multikultural,” Jurnal Al-Murabbi, Vol. 3 No. 1 (Desember 2017), 69-81.

Machfud, Choirul. Pendidikan Multikultural. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2016.

Maululia, Putri. “Peran Guru PAI dalam Meningkatkan Akhlaqul Karimah,” Jurnal Al-Hikmah, Vol. 1 No. 2 (2019), 136-147.

Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2010.

Muhajir, Noeng. Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Reke Sarasean, 2014.

Munadhir, Agus. “Strategi Sekolah dalam Pendidikan Multikultural,” Jurnal Pendidikan Skeolah Dasar, Vol. 2 No. 2 (Agustus 2016), 114-131.

Naim, Ngainun dan Ahmad Syauqi. Pendidikan Multikultural. Yogyakarta: Ar-Ruuz Media Group, 2010.

Najmina, Nana. “Pendidikan Multikultural dalam Membentuk Karakter Bangsa Indonesia,” Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, Vol. 10 No. 1 (2018), 52-56.

Nasution, S. Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif. Bandung: Tarsito, 2012.

Nazir, Moh. Metode Penelitian. Jakarta: Balai Aksara, 2015.

Pengurus Besar Nahdlatul Ulama. Hasil-hasil Muktamar Nahdlatul Ulama Ke-28. Jakarta: PBNU, 1989.

Prasetiawati, Eka. “Urgensi Pendidikan Multikultural Untuk Menumbuhkan Nilai Toleransi Agama di Indonesia,” Jurnal Tapis, Vol. 1 No. 2 (Juli 2017), 272-304.

Rosyada, Dede. “Pendidikan Multikultural di Indonesia Sebuah Pandangan Konsepsional,” Jurnal Sosio Diktatika, Vol. 1 No. 1 (Mei 2014), 1-12.

Sanusi, Hery Priatna. “Peran Guru PAI Dalam Pengembangan Nuansa Religius di Sekolah,” Jurnal Pendidikan Agama Islam Ta’lim, Vol. 11 No. 2 (2013), 143-153.

Suryana, Yaya dan H.A. Rusdiana, Pendidikan Multikultural. Bandung: Pustaka Setia, 2015.

Tafonao, Talizaro. “Peran Guru Agama dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran dengan Bantuan Multimedia,” Jurnal Komunikasi Pendidikan, Vol. 4 No. 1 (2020), 9-17.

Wahid, Abdul. “Konsep Pendidikan Multikultural dan Aplikasinya,” Jurnal Istiqra, Vol. 3 No. 2 (Maret 2016), 287-295.

Wahyuandari, Wenni. “Pendidikan Multikultural, Studi Kasus di SLTP di Tulungagung,” Jurnal Bonorowo, Vol. 2 No. 1 (2014), 1-20.

Wardhani, Primanda S. Nur. “Pelaksanaan Pendidikan Multikultural Dalam Upaya Membangun Keberagaman dan Meningkatkan Persatuan Bangsa di Sekolah Inklusi,” Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, Vol. 8 No. 1 (Mei 2018), 1-13.

Hasil Wawancara

Adam Firdaus, siswa kelas XI-IPS-2, wawancara, 5 Oktober 2019.

Ahmad Fathoni, guru PAI SMAN 1 Jombang, wawancara, 4 Oktober, 14 November 2019.

Fatih Muhammad, siswa kelas XI IPA 2, wawancara, 6 Oktober 2019.

Hary Tjahjono, guru agama Kristen SMAN 1 Jombang, 2 Oktober 2019.

M. Sholahuddin, guru PAI SMAN 1 Jombang, wawancara, 4, 27 Oktober 2017 dan 12 November 2019.

Maulidatur Rohmah Putri, ketua Sekbid 1 OSIS, wawancara, 6 Oktober 2019.

Michael Kent Wahyudi, siswa kelas XI-IPA 3, Budha, wawancara, 18 Oktober 2019.

Nabila Hayati, siswi kelas XI IPS-1, wawancara, 3 Oktober 2019.

Nurhidayat, kepala SMAN 1 Jombang, wawancara, 8 September 2019.

Saidun, Waka Kesiswaan SMAN 1 Jombang, wawancara, 12 September 2019.

Sulistyaningsih, staf TU SMAN 1 Jombang, wawancara, 30 September 2019.

Sumargono, guru agama Hindu SMAN 1 Jombang, 10 November 2019.

Willy Krisbianto, karyawan SMAN 1 Jombang, Kristen, wawancara, 20 September 2019.

Wiwin Andriani, kepala tata usaha SMAN 1 Jombang, wawancara, 9 Oktober 2019.

Yohana Diana Pricillia, siswa Kristen kelas XI IPA 4, 6 Oktober 2019.

Downloads

Published

2023-10-02

How to Cite

Mukani. (2023). PROBLEMATIKA PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) UNTUK MEMPERKUAT HARMONISASI DALAM KEHIDUPAN BERBANGSA DI SMAN 1 JOMBANG. Ziyadah: Jurnal Nasional Penelitian Dan Pembelajaran PAI, 6(1), 17-38. Retrieved from https://jurnal.stituwjombang.ac.id/index.php/ziyadah/article/view/1289

Issue

Section

Articles