STRATEGI PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS MELALUI KEGIATAN KEAGAMAAN DI SMPN 1 JOMBANG DAN SMPN 2 JOMBANG
Keywords:
pendidikan Islam, strategi guru, karakter religius, kegiatan keagamaanAbstract
Abstract: Islamic education teacher’s strategy in shaping character is important. Therefore Islamic Education teacher’s strategy is needed in shaping character. The strategy used is integration in daily practice and integration at the programmed activity. This research is aimed at describing Islamic Education teacher’s strategy in shaping students’ religious character and social awareness for State High School Jombang 1 and State Junior High School Jombang 2 students with sub focus of research consist of: 1) Religious value, 2) Strategy in shaping religious character. This research uses qualitative with study plan based on sites. The research result shows that: 1) Religious value and social awareness in State High School Jombang 1 and State Junior High School Jombang 2. While the values of giving are: empathy towards each other, gathering charity for each other, appreciate each other opinion, helpful, communicative. 2) The strategy of Islamic education teacher in shaping religious character and social awareness are good example, discipline building, common act, condusive situation building, integration and internalization, heart-hati (Touch Heart and Repetition).
Abstrak: Strategi guru pendidikan agama Islam dalam pembentukan karakter merupakan hal penting. Oleh karena itu, dibutuhkan strategi guru pendidikan agama Islam dalam pembentukan karakter. Strategi yang digunakan adalah pengintegrasian dalam kegiatan sehari-hari dan pengintegrasian dalam kegiatan yang diprogramkan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang strategi pembentukan karakter religius dalam kegiatan keagamaan di SMPN 1 Jombang dan SMPN 2 Jombang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rencana studi multi situs. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) nilai religius di SMPN 1 Jombang dan SMPN 2 Jombang diklasifikasikan menjadi nilai nurani (values of being) antara lain bertakwa, santun, ramah, jujur, disiplin, menghargai waktu, tanggungjawab, ikhlas dan rendah hati. Sedangkan nilai memberi (values of giving) antara lain empati terhadap sesama, mengumpulkan sumbangan untuk membantu teman, menghargai pendapat orang lain, tolong menolong, komunikatif. (2) Strategi pembentukan karakter religius melalui kegiatan keagamaan antara lain keteladanan, penanaman kedisiplinan, pembiasaan, menciptakan suasana kondusif, integrasi dan internalisasi dan Heart-Hati (sentuhlah hati).
Downloads
References
Arikunto, Suharsimi. Dasar-Dasar Research. Bandung: Tarsoto, 1995.
Barnawi dan M. Arifin. Strategi dan Kebijakan Pembelajaran Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2012.
Jamaluddin. Psikologi Agama. Jakarta: PT. Raja Grapindo Persada, 2002.
Majid, Majid. Strategi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2013.
Sugiono. Metode Penelitian Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2012.
Umam, Cholil. Ilmu Pendidikan Islam. Surabaya: Duta Aksara, 1998.
Hasil Wawancara
Edy Purnomo, Waka Kesiswaan SMPN 2 Jombang, wawancara, 11 Mei 2019.
Karyono, Kepala Sekolah SMPN 2 Jombang, wawancara, 11 Mei 2019.
Lailatul Ainiyah, guru PAI SMPN 2 Jombang, wawancara, 10 Mei 2019.
Matnuri, guru PAI SMPN 1 Jombang, wawancara, 8 Mei 2019.
M. Fathur Rohman, Waka Kurikulum SMPN 1 Jombang, wawancara, 30 April 2019.
Nur Sholihah, guru PAI SMPN 2 Jombang, wawancara, 23 Februari 2019
Nurul Ainalil Lamik, Waka Kesiswaan SMPN 1 Jombang, wawancara, 29 April 2019.
Ruroh Fatimah, guru PAI SMPN 1 Jombang, wawancara, 27 Februari 2019.
Sarmin, Waka Humas dan Sarpras SMPN 1 Jombang, wawancara, 6 April 2019.