UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN SISWA DALAM PENGUASAAN AL-QUR’AN MELALUI SINERGI ANTAR GURU MATA PELAJARAN, LEMBAGA PENDIDIKAN, ORANG TUA DAN MASYARAKAT
Keywords:
al-Qur'an learning, student ability, synergyAbstract
As an effort to increase, the al-Qur’an comprehension and practice in everyday life, improving the reading and writing al-Qur’an ability is very important for muslims. However, many research results indicated the student’s ability of reading al-Qur’an is very weak from all grades. This problem mostly is because of parents' lack of attention to learn the al-Qur’an outside school, including the parents’ ability themselves. The synergy between teachers, educational institutions, parents and the community is a key of the al-Qur’an learning consistency from the basic level up to perfection based on the education level adopted in accordance with various methods of reading al-Qur’an has been developed by experts. This consistency allows secondary and universities no longer to repeat learning the al-Qur’an in basic level but more an advanced one, which is, exploring the al-Qur'an content based on the curriculum stated.
Downloads
References
Anam AS dan Nailusysyifa AM. Pengantar Ilmu Tahsin. Surakarta: Yuma Pustaka, 2014.
Annuri, Ahmad. Panduan Tahsin Tilawah Al-Qur’an dan Pembahasan Ilmu Tajwid. Jakarta: Pustaka Al-Kautsar, 2010.
Bafadal, Ibrahim. Pengelolaan Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara, 2001.
Dalman. Keterampilan Membaca. Jakarta: Rajawali Pers, 2013.
Departemen Agama. Muqaddimah; Al-Qur’an dan Terjemahnya. Jakarta: Depag RI, 1990.
Mujib, Abdul. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosda Karya, 2008.
Nuha, Moh. Masyufun. “Studi Korelasi Antara Penguasaan Pelajaran Bahasa Arab dengan Kemampuan Membaca al-Quran Siswa MI Matholiunnajah Sinanggul Kec. Mlonggo Kab. Jepara Tahun Pelajaran 2014/2015.” Skripsi tidak diterbitkan. Kudus: IAIN Kudus, 2015.
Nurjanah, Nika Ayu. “Hubungan Antara Persepsi Siswa Terhadap Dukungan Orang Tua Dengan Kemampuan Membaca al-Quran Siswa Kelas VII MTs Negeri Gemolong Tahun 2016.” Disertasi tidak diterbitkan. Surakarta: IAIN Surakarta, 2017.
Permendikbud Nomor 68 Tahun 2013 tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah.
Pimpinan Pusat Majlis Pembina TPQ An-Nahdhliyah. Pedoman Pengelolaan TPQ. Jakarta: tp, 2017.
Rahim, Farida. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: PT Bumi Aksara, 2007.
Rusdi, Pohan. Metodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Rijal Institut, 2007.
Sarjono dkk. Panduan Penulisan Skripsi. Yogyakarta: Jurusan PAI FTK UIN Sunan Kalijaga, 2008.
Surasman, Otong. Metode Insani Kunci Praktis Membaca Al-Qur’an Baik dan Benar. Jakarta: Gema Insani, 2002.
Suryatiningrum, Indah Sri. “Tingkat Kemampuan Membaca Al-Quran Mahasiswa Angkatan 2014 Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Iain Surakarta Tahun Akademik 2017.” Skripsi tidak diterbitkan. Surakarta: IAIN Surakarta, 2017.
Syarifuddin, Ahmad. Mendidik Anak Membaca, Menulis dan Mencintai al-Qur’an. Jakarta: Gema Insani, 2008.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sisdiknas. Jakarta: Permata Press, 2003.
Yamin, Martinis. Kiat Membelajarkan Siswa. Jakarta: Gaung Persada, 2007.