Metode Pengasuhan dalam Pembentukan Karakter Religius di Panti asuhan Yatim Putra Islam Yogyakarta

Authors

  • Mgr Sinomba Rambe Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta
  • Wantini Wantini Universitas Ahmad Dahlan
  • Ahmad Muhammad Diponegoro

DOI:

https://doi.org/10.54437/urwatulwutsqo.v12i1.833

Keywords:

Keywords: Parenting methods, religious character, Yogyakarta Islamic Orphanage, Kata Kunci: Metode Pengasuhan, Karakter Religius, Panti Asuhan Islam Yogyakarta

Abstract

Abstract

The character of a child is closely related to the upbringing he receives from his caregiver; in other words, good parenting will also have a positive impact on the child, and the character possessed by a child is a reflection of the parenting style provided by the caregiver. In order to avoid deviations in the child's character, several good parenting methods are needed in the formation of the child's religious character. This study aims to analyze the parenting style applied by the Yogyakarta Islamic Boys' Orphanage in shaping the religious character of the orphanage's children. This study uses descriptive qualitative research, which provides an overview or description of empirical facts from observations and interviews and is supported by documentation about the methods used by the Yogyakarta Boys' Orphanage in shaping the religious character of children in orphanages. The results of this study indicate that Islamic orphanages use a variety of parenting methods, such as the da'wah method of instilling knowledge, the compassion method, the exemplary method, the advice method, the habituation method, and other methods in the form of worship, education, social interaction, and muamalah. Of course, when using this method, one must always adhere to Islamic parenting principles, such as "Amar ma'ruf nahi munkar."

Downloads

Download data is not yet available.

References

Daftar Pustaka

Asseggaf, syarifah lubna. Pola Pengasuhan Anak Terlantar Di Panti Sosial Asuhan Anak Putra Utama. Jakarta Timur. .: Research Policy, 2014.

Baumrind. Pola Asuh Otoritas Orang Tua. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia., 2004.

Elvie Maria, B Riscon Simarmata, Johanes Terang Kita perangin angin. “Pelatihan Pembangunan Karakter Berintekrasi Bagi Anak Anak Di Panti Asuhan Bait Allah.” Publikasi Pengabdian Pada Masyarakat 1, no. 1 (2021).

Febrianti, Dwi Arizqa. Implementasi Pengasuhan Anak Dalam Kompilasi Hukum Islam Pada Era Digital Perspektif Maqashid Al-Syariah (Studi Kasus Di Pondok Pesantren El Fath El Islami Kudus). Kudus: Diss. IAIN KUDUS, 2022.

Fitriyani, Nurhidayah, Shanty Komalasari, and Yulia Hairina. “‘Konsep Punishment Dalam Pengasuhan: Studi Komparatif Pemikiran? BF Skinner Dan Muhammad Nur Abdul Hafizh Suwaid.’” Jurnal Al-Husna 2, no. 3 (2022): 240-258.

Gara, Norje, et al. “‘Pengaruh Pola Asuh Demokratis Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar.’” Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan 4, no. 4 (2022): 5024-5032.

Gunarsa, Singgih. Psikologi Perkembangan Anak Dan Remaja,. Jakarta: Gunung Mulia., 2002.

Hairina, Yulia. “‘Prophetic Parenting Sebagai Model Pengasuhan Dalam Pembentukan Karakter (Akhlak) Anak.’” Jurnal Studia Insania 4, no. 1 (2016): 79-94.

Hurlock, B. Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan, Edisi Kelima, Penerjemah: Istiwidayanti Dan So-Edjarwi, Jakarta: Erlangga. Jakarta: Erlangga., 2012.

Husna, H. Konsep Muhasabah Al-Ghazali Sebagai Metode Pola Pengasuhan. Bandung, 2018.

Indonesia, kementrian perlindungan anak. Undang Undang No. 23 Tahun 2002 Tentang Perlindungan Anak Pasal 55 Dan Pasal, 2002.

Irawati, Eni, Weppy Sesetyo. “Implementasi UU No 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional Di Blitar.” Jurnal Supremasi 3, no. 3 (2017).

Khairuddin. Sosiologi Keluarga. Yogyakarta: Liberty, 2008.

Kisma, Hayati1 Lisa, Anizar Ahmad, and Dina Amalia. “Pola Pengasuhan Anak Di Panti Asuhan Sos Children’s Village Desa Lamreung Kecamatan Darul Imarah Kabupaten Aceh Besa.” Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Guru Anak Usia Dini 5, no. 2 (2020): 33–44.

KOesoma, Doni. Pendidikan Karakter. Jakarta: Gresindo, 2004.

Kumalasari, Fani. “Hubungan Antara Dukungan Sosial Dengan Penyesuaian Diri Remaja Di Panti Asuhan.” Urnal Psikologi Pitutur 1, no. 1 (2012).

Latifah, Atik. “Peran Lingkungan Dan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Pembentukan Karakter Anak Usia Dini, JAPRA?:” Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal 3, no. 2 (2020).

Magdalena. Pola Pengasuhan Anak Yatim Terlantar Dan Kurang Mampu Di Panti Asuhan Bunda Pengharapan (PABP) Di Kecamatan Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya. Pontianak: .: Universitas Tanjungpura Pontianak, 2014.

Maragustam. Filsafat Pendidikan Islam: Menuju Pembentukan Karakter Menghadapi Arus Global. Yogyakarta: Kurnia Kalam Semesta, 2014.

Masganti, Sit. “Optimalisasi Kompetensi Moral Anak Usia Dini.” Jurnak Pendidikan Dan Kebudayaan 16, no. 1 (2010).

Moleong. Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif. jakarta: PT. Remaja Rosdakarya, 2021.

Mualllifah. Psycho Islamic Smart Parenting. (Jogjakarta: Diva Press, 2009.

Ngulwiyah, I., Ilmiah, W., & Suaidi, S. “Pola Asuh Keluarga Dalam Penguatan Aqidah Anak.” Jurnal Pendidikan Karakter JAWARA 7, no. 2 (2021): 175–87.

Ni Luh Suhaimin, Dr. Luh Putu Sendratari, dr Tuty maryati, M.Pd. “Pembentukan Nilai-Nilai Karakter Pada Anak Panti Asuhan Neraya Seva, Kerobokan, Buleleng, Bali Daam Membangun Integrasi Sosial Di Kalangan Penghuni Panti Asuhan.” Pendidikan Sosiologi Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Sejarah, Sosiologi Dan Perpustakaan 1, no. 1 (2019): 1.

Noor, I. “Ke Arah Pendidikan Nilai Yang Efektif, Evaluasi Dan Memperkuat Dimensi Pendidikan Nilai.” Dinamika Ilmu 10, no. 2 (2010).

Nur Hastuti. “Novel Bumi Manusia Karya Prmoedya Ananta Teor Kajian Sosiologi Sastra.” Humanika 16 (2018).

Nurhayati, Dewi. “PendidikPendidikan Akhlak Pada Anak Oleh Pengasuh Panti Asuhan Tunas Melati Muhammadiyah Pontianak.” Pendidikan Islam 10, no. 02 (2021): 377–402.

Pravitasari, Titis. “‘Pengaruh Persepsi Pola Asuh Permisif Orang Tua Terhadap Perilaku Membolos.’” Educational Psychology Journal 1, no. 1 (2012): 1–8.

Rani Handayani. “Karakteristik Pola-Pola Pengasuhan Anak Usia Dini Dalam Keluarga.” Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini 2, no. 2 (2021): 159–68. https://doi.org/10.19105/kiddo.v2i2.4797.

RI, Departemen Sosial. Acuan Umum Pelayanan Sosial Anak Di Panti Asuhan Sosial Anak. Jakarta: Departemen Sosial RI, 2004.

Siti Mahmudah. “Mengembangkan Kecerdasan Integratif.” Psikoislamika 2, no. 2 (2005).

Sudarminta, J. “Tolak Ukur Penilaian Moral Dalam Etika Prakmatik John Dewey.” Diskursus Jurnal Filsafat Dan Teknologi 13, no. 2 (2014): 174–92.

Sulthoni, Yahya. “Strategi Pembentukan Karakter Anak Di Panti Asuhan Muhammadiyah Wiyung Surabaya.” Kajian Moral Dan Kewarganegaraan 1, no. 1 (2013): 272–87.

Zuhdi, Darmiyati. Pendidikan Karakter. Yogyakarta: UNY Press, 2009.

Downloads

Published

2023-03-08

How to Cite

Rambe, M. S. ., Wantini, W., & Diponegoro, A. M. (2023). Metode Pengasuhan dalam Pembentukan Karakter Religius di Panti asuhan Yatim Putra Islam Yogyakarta. Urwatul Wutsqo: Jurnal Studi Kependidikan Dan Keislaman, 12(1), 1-21. https://doi.org/10.54437/urwatulwutsqo.v12i1.833

Issue

Section

Articles