This is an outdated version published on 2025-04-24. Read the most recent version.

RELEVANSI PERENCANAAN DAN PROSES PEMBELAJARAN

Authors

  • Umi Nasikhah Universitas Sultan Muhammad Syafiuddin Sambas

DOI:

https://doi.org/10.54437/iljjislamiclearningjournal.v3i1.2080

Keywords:

Relevansi, Perencanaan, Proses Pembelajaran, PAI

Abstract

Seorang guru dituntut untuk menguasai materi pelajaran yang akan disampaikan kepada siswa dan dapat menyampaikan materi pelajaran secara efektif dan efisien. Agar guru dapat melaksanakan tugasnya tersebut dengan baik, diperlukan pengalaman dan pengetahuan tentang karakter siswa, cara menyampaikan materi yang baik, penggunaan media dan pembelajaran yang efektif. Untuk itu, seoarng guru harus mendalami kemampuan cara menyajikan materi pelajaran yang menarik, teratur dan efektif. Hal ini bagian yang terintegrasi dengan kinerja mengajar seorang guru untuk segala jenis dan jenjang pendidikan. Kinerja guru dalam mengajar berhubungan dengan kemampuannya menjelaskan isi pelajaran, menghadapi peserta didik, membantu memecahkan masalah, mengelola kelas, menata bahan ajar, menentukan kegiatan kelas, menyusun evaluasi belajar, menentukan metode, media, atau bahkan menjawab pertanyaan dengan baik dan bijaksana. Untuk dapat melaksanakan hal-hal yang berkaitan dengan kinerja mengajar tersebut pendidik perlu menyiapkan perencananaan pembelajaran. Rencana pembelajaran bukan hanya dokumen formal, juga sebagai instrumen penting dalam menjamin kelancaran dan pencapaian tujuan pembelajaran dengan efektif.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2025-04-24

Versions

How to Cite

Nasikhah, U. (2025). RELEVANSI PERENCANAAN DAN PROSES PEMBELAJARAN . ILJ: Islamic Learning Journal, 3(1). https://doi.org/10.54437/iljjislamiclearningjournal.v3i1.2080

Issue

Section

Articles