Kapitalisasi Pendidikan: Dampak Positif dan Negatif terhadap Pendidikan Islam
DOI:
https://doi.org/10.54437/irsyaduna.v5i2.2138Keywords:
kapitalisas pendidikan Islam, dampak positif, dampak negatifAbstract
Abstract
This study discusses the phenomenon of educational capitalization and its impact on Islamic education. Educational capitalization is defined as the process of implementing market economic principles, such as competition, profitability, and privatization, which have a significant impact on the education system. In this context, education is viewed as a market where a commercial approach is applied in the management, financing, and provision of educational services. This study aims to identify the positive and negative impacts of educational capitalization on Islamic educational institutions, as well as to review Islamic views on educational capitalization. The method used is a literature study with a descriptive analytical approach to various library sources. The results of the study indicate that educational capitalization has a positive impact in the form of increasing institutional autonomy, innovation, and accelerating the development of science and technology. However, on the other hand, it also has negative impacts such as excessive commercialization, privatization, increasing education costs, and threats to the fundamental values ??of Islamic education. The conclusion of this study emphasizes the importance of regulation and strengthening Islamic values ??to minimize the negative impacts of educational capitalization.
Keywords: Islamic educational capitalization, positive impact, negative impact
Abstrak
Penelitian ini membahas fenomena kapitalisasi pendidikan dan dampaknya terhadap pendidikan Islam. Kapitalisasi pendidikan diartikan sebagai proses penerapan prinsip-prinsip ekonomi pasar, seperti persaingan, profitabilitas, dan privatisasi, yang berpengaruh signifikan terhadap sistem pendidikan. Dalam konteks ini, pendidikan dipandang sebagai pasar di mana pendekatan komersial yang diterapkan dalam pengelolaan, pembiayaan, dan penyediaan layanan pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dampak positif dan negatif kapitalisasi pendidikan terhadap lembaga pendidikan Islam, serta mengulas pandangan Islam terhadap kapitalisasi pendidikan. Metode yang digunakan adalah studi literatur dengan pendekatan deskriptif analitis terhadap berbagai sumber pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kapitalisasi pendidikan memberikan dampak positif berupa peningkatan otonomi kelembagaan, inovasi, dan percepatan pengembangan ilmu pengetahuan serta teknologi. Namun, di sisi lain juga menimbulkan dampak negatif seperti komersialisasi berlebihan, privatisasi, peningkatan biaya pendidikan, serta ancaman terhadap nilai-nilai fundamental pendidikan Islam. Kesimpulan penelitian ini menekankan pentingnya regulasi dan penguatan nilai-nilai keislaman untuk meminimalkan dampak negatif kapitalisasi pendidikan.
Kata kunci: kapitalisas pendidikan Islam, dampak positif, dampak negatif
Downloads
References
Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode penelitian kualitatif studi pustaka. Jurnal Edumaspul, 6(1), 974–980. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3394
Ainiyah, Q., Mirrota, D. D., & Khasanah, M. (2025). Religious moderation: A model for internalizing inclusive Islamic values in student education. Urwatul Wutsqo: Jurnal Studi Kependidikan dan Keislaman, 14(1), Article 1. https://doi.org/10.54437/urwatulwutsqo.v14i1.2031
Akrom, M. (2019). Pendidikan Islam kritis, pluralis dan kontekstual. CV Mudilan Group.
Al-Majdi, M. M., Khobir, A., Fahmi, M. N., Kurniawan, M. Z., & Rofiqotuzzahro, R. (2025). Kritik kapitalisme pendidikan dalam perspektif filsafat pendidikan Islam: Implikasi terhadap akses, kualitas, dan tujuan pendidikan. Jurnal Kajian Pendidikan Islam, 1–23.
Azizah, M., Budiyono, A., Rozaq, A., & Hakim, A. R. (2025). Transforming classroom management as the key to increasing student learning interest. Urwatul Wutsqo: Jurnal Studi Kependidikan dan Keislaman, 14(1), Article 1. https://doi.org/10.54437/urwatulwutsqo.v14i1.2050
Azizah, M., & Usman, A. (2023). Peningkatan mutu pembelajaran melalui manajemen kelas partisipatif guru dan siswa. Irsyaduna: Jurnal Studi Kemahasiswaaan, 3(3), 319–329. https://doi.org/10.54437/irsyaduna.v3i3.1180
Caniago, S. S., Pasaribu, M., & Pohan, S. (2025). The role of teachers in schools in fostering social relationships of students. Urwatul Wutsqo: Jurnal Studi Kependidikan dan Keislaman, 14(2), 479–492. https://doi.org/10.54437/urwatulwutsqo.v14i2.2164
Danandjaja, J. (2014). Metode penelitian kepustakaan. Antropologi Indonesia.
Darmalaksana, W. (2020). Metode penelitian kualitatif studi pustaka dan studi lapangan. Pre-Print Digital Library UIN Sunan Gunung Djati Bandung. http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/32855
Effendi, Z. (2017). Pemikiran pendidikan Muhammad Naquib Al-Attas. Waraqat: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 2(2), 14–14. https://doi.org/10.51590/waraqat.v2i2.61
Ferdino, M. F., & Sirozi, M. (2025). Dampak ekonomi neoliberal terhadap sistem dan tata kelola pendidikan di Indonesia. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Sains, 6(1), 80–88. https://doi.org/10.51673/jips.v6i1.2457
Hasan, M. S. (2024). Integration of Islamic moderation values in Islamic education curriculum as an effort to prevent radicalism early on. At-Thullab: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. (Advance online publication).
Hasan, M. S., Ma’arif, M. A., Ainiyah, Q., Rofiq, A., & Mujahidin, M. (2024). Edukasi moderasi beragama melalui seni dan budaya Islam. An Naf’ah: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.54437/annafah.v2i2.1658
Ilyas, H. H. (2018). Fikih Akbar: Prinsip-prinsip teologis Islam rahmatan lil ‘alamin. Pustaka Alvabet.
Kamali, A. N., & Sugiyanto, S. (2024). Strategi guru mata pelajaran fiqh dalam peningkatkan pemahaman agama. Ngaos: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.59373/ngaos.v2i2.63
Minarti, S. (2022). Ilmu pendidikan Islam: Fakta teoretis-filosofis dan aplikatif-normatif.
Mir’atussolihah, M., Pratiwi, N. V., Mutsaqib, A., & Makmun, S. (2023). Pendidikan dalam cengkraman kapitalisme. Cakrawala: Jurnal Kajian Manajemen Pendidikan Islam dan Studi Sosial, 7(1), 76–88. https://doi.org/10.33507/cakrawala.v7i1.412
Mubarok, Z., & Ghifari, F. H. A. (2025). Kajian literatur tentang integrasi nilai-nilai ekonomi syariah dalam kurikulum pendidikan Islam. An Nuqud Journal of Islamic Economics, 4(1), 179–190. https://doi.org/10.51192/annuqud.v4i1.2019
Nasir, M., & Sunardi, S. (2025). Reorientasi pendidikan Islam dalam era digital: Telaah teoritis dan studi literatur. Al-Rabwah, 19(1), 056–064. https://doi.org/10.55799/jalr.v19i1.688
Qodriah, L., Aisy, J. R., Ramadhani, N. R., Muzaki, M., & Khobir, A. (2025). Kapitalisme pendidikan di era modern: Antara idealita dan realita. Educational Leadership: Jurnal Manajemen Pendidikan, 4(2), 171–178.
Rahmah, R., Us, K. A., & Sya’roni, S. (2024). Kapitalisasi pendidikan serta dampaknya bagi pendidikan Islam. Jurnal Budi Pekerti Agama Islam, 2(5), 239–243. https://doi.org/10.61132/jbpai.v2i5.555
Rizqi, R. M., Maulana, A. R., Pratama, A., & Yudra, M. D. (2025). Kebijakan pendidikan Islam dan kebutuhan sosial. PIJAR: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 3(3), 263–274. https://doi.org/10.58540/pijar.v3i3.956
Said, G. H. N., & Hilalludin, H. (2025). Integrasi nilai-nilai ekonomi Islam dalam kurikulum: Pendidikan ekonomi di sekolah menengah. Takaful: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah, 1(1), 45–54. https://journal.iai-daraswaja-rohil.ac.id/index.php/takaful/article/view/125
Samrin. (2015). Kapitalisme dan pendidikan liberal-kapitalistik. Shautut Tarbiyah, 33, 130–146.
Suncaka, E. (2023). Kapitalisme pendidikan di Indonesia: Sebuah kritik perspektif ilmu manajemen pendidikan Islam. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 12(1). https://doi.org/10.30868/ei.v12i01.4237
Wijaya, Y. (2010). Kesalehan pasar: Kajian teologis terhadap isu-isu ekonomi dan bisnis di Indonesia. Yahya Wijaya.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Sefti Triani, Qolbi Khoiri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.






