Kapitalisasi Pendidikan: Dampak Positif dan Negatif terhadap Pendidikan Islam

Authors

  • Sefti Triani Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu; Indonesia
  • Qolbi Khoiri Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu; Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54437/irsyaduna.v5i2.2138

Keywords:

kapitalisas pendidikan Islam, dampak positif, dampak negatif

Abstract

Abstract

This study discusses the phenomenon of educational capitalization and its impact on Islamic education. Educational capitalization is defined as the process of implementing market economic principles, such as competition, profitability, and privatization, which have a significant impact on the education system. In this context, education is viewed as a market where a commercial approach is applied in the management, financing, and provision of educational services. This study aims to identify the positive and negative impacts of educational capitalization on Islamic educational institutions, as well as to review Islamic views on educational capitalization. The method used is a literature study with a descriptive analytical approach to various library sources. The results of the study indicate that educational capitalization has a positive impact in the form of increasing institutional autonomy, innovation, and accelerating the development of science and technology. However, on the other hand, it also has negative impacts such as excessive commercialization, privatization, increasing education costs, and threats to the fundamental values ??of Islamic education. The conclusion of this study emphasizes the importance of regulation and strengthening Islamic values ??to minimize the negative impacts of educational capitalization.

Keywords: Islamic educational capitalization, positive impact, negative impact

 

Abstrak

Penelitian ini membahas fenomena kapitalisasi pendidikan dan dampaknya terhadap pendidikan Islam. Kapitalisasi pendidikan diartikan sebagai proses penerapan prinsip-prinsip ekonomi pasar, seperti persaingan, profitabilitas, dan privatisasi, yang berpengaruh signifikan terhadap sistem pendidikan. Dalam konteks ini, pendidikan dipandang sebagai pasar di mana pendekatan komersial yang diterapkan dalam pengelolaan, pembiayaan, dan penyediaan layanan pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dampak positif dan negatif kapitalisasi pendidikan terhadap lembaga pendidikan Islam, serta mengulas pandangan Islam terhadap kapitalisasi pendidikan. Metode yang digunakan adalah studi literatur dengan pendekatan deskriptif analitis terhadap berbagai sumber pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kapitalisasi pendidikan memberikan dampak positif berupa peningkatan otonomi kelembagaan, inovasi, dan percepatan pengembangan ilmu pengetahuan serta teknologi. Namun, di sisi lain juga menimbulkan dampak negatif seperti komersialisasi berlebihan, privatisasi, peningkatan biaya pendidikan, serta ancaman terhadap nilai-nilai fundamental pendidikan Islam. Kesimpulan penelitian ini menekankan pentingnya regulasi dan penguatan nilai-nilai keislaman untuk meminimalkan dampak negatif kapitalisasi pendidikan.

Kata kunci: kapitalisas pendidikan Islam, dampak positif, dampak negatif

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode penelitian kualitatif studi pustaka. Jurnal Edumaspul, 6(1), 974–980. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3394

Ainiyah, Q., Mirrota, D. D., & Khasanah, M. (2025). Religious moderation: A model for internalizing inclusive Islamic values in student education. Urwatul Wutsqo: Jurnal Studi Kependidikan dan Keislaman, 14(1), Article 1. https://doi.org/10.54437/urwatulwutsqo.v14i1.2031

Akrom, M. (2019). Pendidikan Islam kritis, pluralis dan kontekstual. CV Mudilan Group.

Al-Majdi, M. M., Khobir, A., Fahmi, M. N., Kurniawan, M. Z., & Rofiqotuzzahro, R. (2025). Kritik kapitalisme pendidikan dalam perspektif filsafat pendidikan Islam: Implikasi terhadap akses, kualitas, dan tujuan pendidikan. Jurnal Kajian Pendidikan Islam, 1–23.

Azizah, M., Budiyono, A., Rozaq, A., & Hakim, A. R. (2025). Transforming classroom management as the key to increasing student learning interest. Urwatul Wutsqo: Jurnal Studi Kependidikan dan Keislaman, 14(1), Article 1. https://doi.org/10.54437/urwatulwutsqo.v14i1.2050

Azizah, M., & Usman, A. (2023). Peningkatan mutu pembelajaran melalui manajemen kelas partisipatif guru dan siswa. Irsyaduna: Jurnal Studi Kemahasiswaaan, 3(3), 319–329. https://doi.org/10.54437/irsyaduna.v3i3.1180

Caniago, S. S., Pasaribu, M., & Pohan, S. (2025). The role of teachers in schools in fostering social relationships of students. Urwatul Wutsqo: Jurnal Studi Kependidikan dan Keislaman, 14(2), 479–492. https://doi.org/10.54437/urwatulwutsqo.v14i2.2164

Danandjaja, J. (2014). Metode penelitian kepustakaan. Antropologi Indonesia.

Darmalaksana, W. (2020). Metode penelitian kualitatif studi pustaka dan studi lapangan. Pre-Print Digital Library UIN Sunan Gunung Djati Bandung. http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/32855

Effendi, Z. (2017). Pemikiran pendidikan Muhammad Naquib Al-Attas. Waraqat: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 2(2), 14–14. https://doi.org/10.51590/waraqat.v2i2.61

Ferdino, M. F., & Sirozi, M. (2025). Dampak ekonomi neoliberal terhadap sistem dan tata kelola pendidikan di Indonesia. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Sains, 6(1), 80–88. https://doi.org/10.51673/jips.v6i1.2457

Hasan, M. S. (2024). Integration of Islamic moderation values in Islamic education curriculum as an effort to prevent radicalism early on. At-Thullab: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. (Advance online publication).

Hasan, M. S., Ma’arif, M. A., Ainiyah, Q., Rofiq, A., & Mujahidin, M. (2024). Edukasi moderasi beragama melalui seni dan budaya Islam. An Naf’ah: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.54437/annafah.v2i2.1658

Ilyas, H. H. (2018). Fikih Akbar: Prinsip-prinsip teologis Islam rahmatan lil ‘alamin. Pustaka Alvabet.

Kamali, A. N., & Sugiyanto, S. (2024). Strategi guru mata pelajaran fiqh dalam peningkatkan pemahaman agama. Ngaos: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.59373/ngaos.v2i2.63

Minarti, S. (2022). Ilmu pendidikan Islam: Fakta teoretis-filosofis dan aplikatif-normatif.

Mir’atussolihah, M., Pratiwi, N. V., Mutsaqib, A., & Makmun, S. (2023). Pendidikan dalam cengkraman kapitalisme. Cakrawala: Jurnal Kajian Manajemen Pendidikan Islam dan Studi Sosial, 7(1), 76–88. https://doi.org/10.33507/cakrawala.v7i1.412

Mubarok, Z., & Ghifari, F. H. A. (2025). Kajian literatur tentang integrasi nilai-nilai ekonomi syariah dalam kurikulum pendidikan Islam. An Nuqud Journal of Islamic Economics, 4(1), 179–190. https://doi.org/10.51192/annuqud.v4i1.2019

Nasir, M., & Sunardi, S. (2025). Reorientasi pendidikan Islam dalam era digital: Telaah teoritis dan studi literatur. Al-Rabwah, 19(1), 056–064. https://doi.org/10.55799/jalr.v19i1.688

Qodriah, L., Aisy, J. R., Ramadhani, N. R., Muzaki, M., & Khobir, A. (2025). Kapitalisme pendidikan di era modern: Antara idealita dan realita. Educational Leadership: Jurnal Manajemen Pendidikan, 4(2), 171–178.

Rahmah, R., Us, K. A., & Sya’roni, S. (2024). Kapitalisasi pendidikan serta dampaknya bagi pendidikan Islam. Jurnal Budi Pekerti Agama Islam, 2(5), 239–243. https://doi.org/10.61132/jbpai.v2i5.555

Rizqi, R. M., Maulana, A. R., Pratama, A., & Yudra, M. D. (2025). Kebijakan pendidikan Islam dan kebutuhan sosial. PIJAR: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 3(3), 263–274. https://doi.org/10.58540/pijar.v3i3.956

Said, G. H. N., & Hilalludin, H. (2025). Integrasi nilai-nilai ekonomi Islam dalam kurikulum: Pendidikan ekonomi di sekolah menengah. Takaful: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah, 1(1), 45–54. https://journal.iai-daraswaja-rohil.ac.id/index.php/takaful/article/view/125

Samrin. (2015). Kapitalisme dan pendidikan liberal-kapitalistik. Shautut Tarbiyah, 33, 130–146.

Suncaka, E. (2023). Kapitalisme pendidikan di Indonesia: Sebuah kritik perspektif ilmu manajemen pendidikan Islam. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 12(1). https://doi.org/10.30868/ei.v12i01.4237

Wijaya, Y. (2010). Kesalehan pasar: Kajian teologis terhadap isu-isu ekonomi dan bisnis di Indonesia. Yahya Wijaya.

Downloads

Published

2025-10-21

How to Cite

Triani, S., & Khoiri, Q. (2025). Kapitalisasi Pendidikan: Dampak Positif dan Negatif terhadap Pendidikan Islam. Irsyaduna: Jurnal Studi Kemahasiswaaan, 5(2), 463–473. https://doi.org/10.54437/irsyaduna.v5i2.2138

Issue

Section

Articles