KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI MTS MIFTAHUL ULUM CERMENAN JOMBANG

Authors

  • Nur Maulida Utu STIT Al-Urwatul Wutsqo Jombang
  • Beny Sintasari STIT Al-Urwatul Wutsqo Jombang

Keywords:

Leadership of Head of Madrasah, Quality of Education

Abstract

Kepemimpinan sangat dibutuhkan di dalam suatu madrasah terutama kepemimpinan kepala madrasah. Kepemimpinan kepala madrasah juga dibutuhkan untuk suatu mutu pendidikan. Peningkatan mutu pendidikan sangat diperlukan untuk meningkatkan kualitas dari madrasah. Tujuan penelitian:1. Mendeskripsikan kepemimpinan kepala madrasah di MTs Miftahul Ulum Cermenan Jombang.  2.Mendeskripsikan mutu tenaga pendidik di MTs Miftahul Ulum Cermenan Jombang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan desaian deskriptif kualitatif, teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan analisis data menggunakan Data Reduction, Data Display, dan Conclusion Drawing. Hasil penelitian: 1. Kepemimpinan kepala madrasah di MTs Miftahul Ulum Cermenan Jombang sudah cukup baik. Beliau bertanggungjawab terhadap lembaga di MTs Miftahul Ulum Cermenan Jombang. Disini gaya yang digunakan kepala madrasah untuk memimpin yaitu dengan menggunakan gaya demokratis yaitu dimana kepala madrasah selalu mendekatkan diri dengan para guru, siswa dan para pegawai madrasah dengan tujuan untuk membimbing atau mengayomi para guru agar melaksanakan tugas dan kewajibannya. 2. Kepala madrasah merupakan orang yang sangat berperan penting dalam kualitas atau mutu dari madrasah itu sendiri. Maka dari itu dibutuhkan kepemimpinan dari kepala madrasah untuk melakukan peningkatan mutu dari tenaga pendidik. Kinerja tenaga pendidik dapat dilihat dari kinerja tenaga pendidik sebagai sesuatu yang dicapai, prestasi yang diperlihatkan, kemampuan kerja penggunaan sumber daya untuk mencapai tujuan dalam pendidikan secara efektif dan efisien. Hal ini yang dilakukan di MTs Miftahul Ulum Cermenan Jombang dimana kepala madrasah menempatkan tenaga pendidik sesuai dengan kemampuan yang dimiliki tenaga pendidik itu tersebut karena dilihat dari keprofesionalan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arif Rahman. (2013). Memahami Pendidikan dan Ilmu Pendidikan, Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Bungin, Burhan. (2007). Metodelogi Peelitian Kualitatif. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Danim, Sudarwan. (2003). Agenda Pembaharuan Sistem Pendididan. Yogjakarta: Pustaka Pelajar.

Hadari, Nawawi. (1985) Administrasi Pendidikan. Jakarta: Gunung Agung.

Hamalik, Oemar. (2003). Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi, Jakarta: Bumi Aksara.

Harun, Cut Zahri. (2009). Manajemen Sumber Daya Pendidikan. Yogyakarta: Pena Persada Dekstop Publisher.

Himpunan Peraturan Perundang-undangan Republik Indonesia Guru dan Dosen (2006). Bandung: Nuansa Aulia.

Husnal Asmara. (1985). Pengantar Kepemimpinan Pendidikan. Jakarta: Ghalia.

Jeromi S. Arcaro. (2006). Pendidikan Berbasis Mutu, Prinsip-prinsip Perumusan dan Tata Langkah Penerapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kartini, Kartono. (1994). Pemimpin dan Kepemimpinan. Jakarta: Rajawali,

Kunandar. (2007) Guru Profesional Implementasi Kuriukulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru, Jakarta: Raja Grafindo Persada,

Lahl, Sumayang. (2003), Manajemen produksi dan Operasi. Jakarta: Salemba Empat

Marno dan Triyo Supriyatno. (2008). Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan Islam. Bandung: Aditama.

Mujamil Qomar. (2013). Strategi Pendidikan Islam. Jakarta: Erlangga.

Mulyasa. (2003). Manajemen Berbasis Sekolah, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyasa. (2013). Manajemen Dan Kepemimpinan Kepala Madrasah. Jakarta: Bumi Aksara.

Mulyono. (2008) Manajemen Administrasi dan Organisasi Pendidikan. Jogjakarta: Arruz Media.

Murniati,AR. (2010). Manajemen Strategi Peran Kepala Madrasah Dalam Pemberdayaan. Bandung: Cipta Pustaka Media Perintis.

Naim, Ngainun. (2009). Menjadi Guru Inspiratif Memberdayakan dan Mengubah Jalan Hidup Siswa, Yogjakarta: Pustaka Pelajar.

Nanang, Fattah. (2004) Konsep Manajemen Berbasis Sekolah dan Dewan Sekolah, Bandung: Pustaka Bani Quraisy.

Nurkholis. (2003). Manajemen Berbasis Sekolah, Jakarta: Grasindo

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No 19 Tahun 2005 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Rohiat. (2010). Manajemen Sekolah. Bandung: Refika Aditama.

Sondang P. Siagian. (1982). Filsafat Administrasi. Jakarta: Gunung Agung

Sudarwan, Danim. (2007). Visi Baru Manajemen Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.

Undang-undang SISDIKNAS No.20 tahun 2003, BAB 1 pasal 1, Bandung; Citra Umbara.

Usman, Moh. Uzer. (2006). Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Wirawan. (2002). Pendidikan Jiwa Kewirausahaan: Strategi Pendidikan Nasional dalam Globalisasi dan Otonomi Daerah. Jakarta: Uhamka Press.

Zahara Idris dan Lisma Jamal, (1992) Pengantar Pendidikan. Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia.

Zamroni. (2007). Meningkatkan Mutu Sekolah. Jakarta: PSAP Muhamadiyah.

Downloads

Published

2021-03-28

How to Cite

Nur Maulida Utu, & Beny Sintasari. (2021). KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI MTS MIFTAHUL ULUM CERMENAN JOMBANG. Irsyaduna: Jurnal Studi Kemahasiswaaan, 1(1), 25-42. Retrieved from https://jurnal.stituwjombang.ac.id/index.php/irsyaduna/article/view/246

Issue

Section

Articles