Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Peningkatan Profesionalisme Guru Di MTs Sunan Gunung Jati Gurah Kediri

Authors

  • Ardiansah Ardiansah STIT Al-Urwatul Wutsqo Jombang
  • Hani Adi Wijono STIT Al Urwatul Wutsqo Jombang

DOI:

https://doi.org/10.54437/irsyaduna.v2i1.420

Abstract

The purpose of this study (1) to describe the professionalism of teachers at MTs Sunan Gunung Jati Gurah Kediri. (2) Describe the strategy of the Head of Madrasah in increasing teacher professionalism at MTs Sunan Gunung Jati Kediri. (3) Describe the factors supporting and inhibiting the leadership of the Madrasah Head in increasing teacher professionalism at MTs Sunan Gunung Jati Gurah Kediri. This research approach uses qualitative methods, namely observations, interviews, and document review. And the results of this study are (1) the professionalism of teachers at MTs Sunan Gunung Jati Gurah Kediri, including; there is a high commitment and sense of responsibility, mastery of the material to be taught, and implementing the existing code of ethics. (2) The strategy of the Head of Madrasah in increasing teacher professionalism at MTs Sunan Gunung Jati Gurah Kediri, including; the existence of teacher selection, teacher performance coaching, supervision of teacher performance, coaching education staff discipline, and providing motivation. (3) Factors supporting and inhibiting the leadership of the Madrasah Head in increasing teacher professionalism at MTs Sunan Gunung Jati Gurah Kediri, including; the supporting factors are the cohesiveness, and the teacher's awareness of the mandate carried. As for the inhibiting factors, the first is the limitation of the Head of Madrasah in nurturing teachers, especially those who are older than him. And the last is the limited facilities and infrastructure that are not yet adequate.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asmani, Jamal Ma’mur (2012). Tips Menjadi Kepala Madrasah Profesional. Yogyakarta: Diva Press.

Arikunto, S. (2010). Manajemen Pengajaran Secara Manusia, Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Abdul Mu’min. Peran Kepala Madrasah dalm Meningkatkan Profesionalisme Guru di SDI Al-Ihsan Bambu Apus Pamulang, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 2011.

Afrizal. (2014). Metode Penelitian Kualitatif: Sebuah Uapaya Mendukung Pengunaan Penelitian Ualitatif Dalam Berbagai Disiplin Ilmu. Jakarta: Rajagrafindo Persada

Darmadi, H. (2014). Metode Penelitian Pendidikan dan sosial. Bandung: Alfabeta

Fathurrohman. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Refika Aditana

Hidayah, N. (2016). Kepemimpinan Visioner dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Yogyakarta: Ar-ruzz Media. Tersedia dalam aplikasi iPusnas.

HR. Bukhori (penterjemah: Tim Darusunnah dkk. 2013). Ensiklopedia Hadist 6; jami’ Bukhori. Jakarta: Almahira.

Iskandar. (2013). Metodologi Penelitian Pendidikan dan Sosial. Jakarta: Referensi

Komariah dan Engkoswara. (2010). Administarsi Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Komariah, A. Dan Triatna, C. (2010). Vsionary Leadership Menuju Sekolah Efektif. Jakarta: Bumi Aksara.

Mulyasa, (2013). Pengembagan dan Inplementasi Kurikulum. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, E. (2013). Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Madrasah, Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Mulyasa, E. (2019). Manajemen kepemimpinan Kepala Madrasah, jakarta: Bumi Aksara.

Mulyasa, E. (2015). Manajemen dan Organisasi Sekolah, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Miftah Toha, (2008) Perilaku Organisasi Konsep Dasar dan Aplikasinya, Jakarta: Rajawali Press.

Mentri Pendidikan Nasional, (2010). Peraturan Pendidikan Nasional Nomor 28 Tahun2010 Tentang penugasan Guru sebagai Kepala Madrasah.

Mentri Pendidikan dan Kebudayaan, (2017). Peraturan Perundang-ungan Kementrian Hukun dan Hak asasi Manusia Tentang Hari Sekolah.

Meleong, Lexy J. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Meleong, Lexy J. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya

Munir, A. (2010). Menjadi Kepala Madrasah Efektif. Jogjakarta: Ar-ruzz Media. Tersedia dalam aplikasi iPusnas

Musfiqon. (2012). Pengembangan Media Belajar dan Sumber Belajar. Jakarta: Prestasi Pustakakarya.

Purwanto Ngalim, Administrasi Pendidikan, Jakarta, PT. Mutiara,1984.

Priansa, DJ. dan Karwati,E. (2017). Kinerja dan Profesionalisme Kepala Madrasah. Bandung: Alfa Beta.

Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an. (2013) Al-qur’an Tajwid Kode Transliterasi Per kata Terjemah Per Kata. Bekasi: Kementerian Agama Republik Indonesia.

Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an. (2013). Al-Qur’an Tajwid Kode, Transliterasi Per kata, Terjemah Per kata. Bekasi: Kementerian Agama Republik Indonesia.

Rohman Hidayati, Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Upaya Meningkatkan Profesionalisme Guru di SD Negeri 67 Sungai Raya, 2016, http://webcache.googleusercontent.com/search?q=cache:-SDuh3XQDQJ:jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/download/15453/13615+&cd=1&h1=id&ct=clnk&gl=id&client=firefox-b Diakses Pada Tanggal 2 September 2021.

Susanto, A. (2016). Teori belajar & Pembelajaran disekolah Jakarta: Prendamedia Group.

Suyanto, dan Asep Jihad. (2013). Menjadi Guru Profesional, Strategi Meningkatkan dan Kualitas Guru Era Global. Jakarta: Esensi Erlangga Group.

Syaiful, S. (2011). Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan. Bandung: Alfabeta.

Sejati. (2011). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Efektivitas Pembelajaran. Diambil Dari http://id.shvoong.com.

Sugiyono. (2017). Metodologo penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Pendidikan pendekatan kuantitatif, kualiatatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R%D. Bandung: Alfabeta.

Suprahatiningrum. (2014). Guru profesional: Pedoman kinerja, kualifikasi & Kompetensi Guru. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media. Tersedia dalam aplikasi iPusnas

Suprahatiningrum. (2013). Guru profesional: Pedoman kinerja, kualifikasi & Kompetensi Guru. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media. Tersedia dalam aplikasi iPusnas

Uci Rahmawti, Upaya Kepala Madrasah dalam Miningkatkan Profesionalisme Guru di Raudhatul Athafal Al Khairiyah Banjarsari Kidul Kecamatan Sokaraja Kabupaten Banyumas, 2016, Diakses di http:/respository.iainpurwokerto.ac.id/923/1/COVER_ABSTRAK_DAFTAR ISI_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf padaTanggal 2 sebtember 2021.

Wahyudi. (2012). Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Organisasi Kepemimpinan. Bandung: Alfabeta cet. Ke-1.

Zainuddin, Strategi Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kinerja Guru Madrasah Aliyah Negeri Kabanjahe, 2017, http://jurenal.uinsu.ac.id/index.php/bencehamarking/article/view/1134 Di akses pada Tanggal 2 September 2021.

Downloads

Published

2022-04-07

How to Cite

Ardiansah, A., & Adi Wijono, H. . (2022). Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Peningkatan Profesionalisme Guru Di MTs Sunan Gunung Jati Gurah Kediri. Irsyaduna: Jurnal Studi Kemahasiswaaan, 2(1), 48-59. https://doi.org/10.54437/irsyaduna.v2i1.420

Issue

Section

Articles