Peningkatan Speaking Melalui Metode Debat
DOI:
https://doi.org/10.54437/annafah.v3i1.1869Keywords:
guidance, speaking, debate, methodAbstract
English, especially speaking, is very important for students to master it, especially in this digital era, alot of information is conveyed using English orally. This assistance aimed to overcome the very low speaking ability of BEM STIT al Urwatul Wutsqo members. One of them is the debate method. This mentoring was attended by 20 students. The research results shows that the debate method works very effectively and has a positive impact, where speaking skills increase significantly, as evidenced by the results of the pretest and posttest with paired sample test with the results t count > t table (- 8, 929 > 2, 172913), and 0.000 < 0.05, then this assistance is declared successful.
Downloads
References
Ardi Santoso, (2004). Menang Dalam Debat, Semarang: Elfhar.
Arif, Muhammad. “Peningkatan Kemampuan Bertanya Melalui Metode Debat Aktif Siswa Kelas Viii D Smp N 2 Banguntapan Bantul.” E-Jurnal Skripsi Program Studi Teknologi Pendidikan 5, no. 5 (16 Agustus 2016): 62–74. https://journal.student.uny.ac.id/fiptp/article/view/2809.
Arsyad, Azhar. M.A. (2014). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Astutik wiwin, dkk. 2021. Metode Debat untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara pada Siswa Kelas X Bahasa 1 MA Al Mahrusiyah Lirboyo, Jurnal Bahasa seni pengajaran, 5(1).
Fauziah, Fauziah, Jamaluddin Jamaluddin, dan Fitriani Fitriani. “Efektivitas Metode Debat Aktif Ditinjau Dari Kemampuan Komunikasi Peserta Dididik Pada Mata Pelajaran PAI.” Jurnal Inovasi Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat 2, no. 1 (29 Juni 2022): 9–23. https://doi.org/10.53621/jippmas.v2i1.69.
Mulyani, Imas Sri. Meningkatkan Kemampuan Berbicara Dengan Metode Debat Dalam Proses Pembelajaran Bahasa Inggris Pada Peserta Didik Kelas VII C SMPN 4 Cianjur. Jurnal Jeopalit Vol. 6. No. 1. 2018.
Nasrah Penerapan Metode Debat Plus Dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Pada Siswa Kelas XI IPS 3 SMA Negeri 4 Pinrang. Jurnal Al-Ibrah Vol. 8. No. 2. 2019.
Pasaribu, Anju Yurika, Muhammad Nazaruddin Harahap, Rizki Amaliyah Putri, dan Arlina Arlina. “Implementasi Strategi Metode Debat Di Madrasah Tsanawiyah Zia Salsabila Medan Tembung.” Jurnal Tips Jurnal Riset, Pendidikan Dan Ilmu Sosial 3, no. 1 (25 Januari 2025): 01–11. https://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/jurnaltips/article/view/4226.
Roestiyah N.K, (2008) Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: PT Rineka Cipta.
Rose Wright, (2014) How To Teach Integrated English Skills.
Silberman, M.L. (2016). Active Learning 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Bandung: Nuansa Cendekia.
Suganda, Rizal-, Astri Sutisnawati, dan Dyah Lyesmaya. “Meningkatkan Keterampilan Interaksi Sosial Pada Siswa Sekolah Dasar Melalui Metode Pembelajaran Debat.” Jurnal Perseda?: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 2, no. 2 (2019): 97–104. https://doi.org/10.37150/perseda.v2i2.423.
Suherman, Achmad. “Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Menggunakan Metode Akrostik (Penelitian Tindakan Kelas).” Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, dan Asing 5, no. 1 (25 Juni 2022): 33–48. https://doi.org/10.31540/silamparibisa.v5i1.1720.
Utama, Eka Jaya Putra, dan Agus Budi Nugroho. “Pembelajaran Sejarah Dengan Metode Debat Aktif Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Di Kelas X MIPA Madrasah Aliyah Negeri 2 Pontianak.” Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial 5, no. 2 (1 Desember 2018): 324–33. https://doi.org/10.31571/sosial.v5i2.1001.
Wafi, Rafdi Al. “Penerapan Metode Debat Aktif (Active Debate) Pada Pembelajaran Al-Quran Hadist Di Madrasah.” Jurnal Generasi Tarbiyah: Jurnal Pendidikan Islam 1, no. 2 (30 Desember 2022): 171–76. https://jurnal.insan.ac.id/index.php/jgt/article/view/115.
Zaini, Hisyam, dkk. (2017). Strategi Pembelajaran Atif. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Khudriyah Khudriyah, Nur Munir, Mujahidin Mujahidin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.