METODE YASSARNAA PADA PEMBELAJARAN KITAB KUNING DI PONDOK PESANTREN ABDUL HAMID SHOLEH KAYANGAN DIWEK JOMBANG

  • Sunardi Prodi Manajemen Pendidikan Islam, STIT al Urwatul Wutsqo - Jombang
  • M. Asean Irfan Prodi Pendidikan Agama Islam, STIT al Urwatul Wutsqo – Jombang
Keywords: Aplikasi, Metode, Yassarnaa, Kitab Kuning

Abstract

Pondok pesantren Abdul Hamid Sholeh merupakan salah satu pesantren yang berada di daerah Jombang. Pondok pesantren yang diasuh Moh. Kholili ini, termasuk pondok dengan sistem salaf yang mengajarkan kitab-kitab klasik kepada santrinya. Dalam pembelajaran kitab tersebut, kiai pondok tersebut Metode Yassarna, yaitu sebuah metode mudah dan cepat dengan durasi waktu 24 jam santri mampu membaca kitab kuning. Fokus penelitian ini mendeskripsikan tentang aplikasi metode yassarnaa pada pembelajaran kitab kuning, problematika pengaplikasian metode yassarnaa, Evaluasi Pengaplikasian Metode Yassarnaa. Jenis Penelitian ini menggunakan penelitian lapangan (field reasearch) dan menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif, dengan rancangan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan metode deskriptif analisis kualitatif. Hasil penelitian, Metode yassarnaa diaplikasikan dengan materi yang dikolaborasikan lagu, yaitu memulai dari materi yang paling mudah, dilakukan dengan berkesinambungan, dan mempraktikkan secara langsung. Keunggulan Metode yassarnaa yaitu efektivitas waktu, penggunaan media sederhana, membaca materi dengan melagukan. Kelemahan: kurangnya waktu dan kurangnya minat santri dalam bernyanyi. Cara evaluasinya: pengetesan dengan membaca kitab taqrib, pemanfaatan waktu, penugasan terhadap santri, serta pemberian kesempatan untuk melatih menthal dan potensi santri. Kesimpulan:1) Pengaplikasian Metode Yassarnaa pada pembelajaran kitab kuning dimulai dari pengenalan materi yang termudah, pengenalan materi tersebut dilagukan bersama, dilakukan dengan berulang-ulang, dan mempraktikkan pada halaman yang tercantum ayat al-Qur’an dan syarah kitab. 2) Keunggulannya, waktu yang sangat singkat, medianya sederhana, menggunakan lagu dan otomatis hafal. Kelemahannya, santri tidak mampu baca Arab, kemampuan yang berbeda, belajar hanya disempatkan dan tidak semua santri suka bernyanyi. 3) Evaluasinya, pengetesan menggunakan kitab fathul qorib, pemanfaatan waktu kosong, pemberian tugas perpasal, dan pengadaan pelatihan di lembaga/yayasan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ali, Mudlofir dan Evi Fatimatur Rosyidah. Desain Pembelajaran Inovatif, Jakarta: Rajawali Pers, 2016.

Dhofier. Zamakhsyari.Tradisi Pesantren, Jakarta: LP3ES, 2011.

Indana, Nurul, Tela’ah Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak Pada Kisah Sayyidati Khadijah Istri Rasulullah, DAR EL-ILMI : Jurnal Studi Keagamaan, Pendidikan Dan Humaniora, Vol 5, No, 1.

Indana, Nurul, dkk. Tradisi Ruwah Desa dan Implikasinya Terhadap Pengetahuan Tauhid Masyarakat Dusun Ngendut Kesamben Ngoro Jombang. Tafáqquh: Jurnal Penelitian Dan Kajian Keislaman, Vol 7, No 2.

Mansur, Kamus dan Percakapan Bahasa Arab, Kediri: Al-Fatih Press, 2015.

Moelong, Lexy, J. Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2003.

Mu’awanah, Manajemen Pesantren Mahasiswa, Malang: STAIN Kediri Press, 2009.

Mulyasa, Menjadi Guru Profesional, Bandung: Rosdakarya, 2005.

Mustofa, Ali, Pendidikan Keagamaan Untuk Membentuk Kerukunan Antar Umat Beragama Di Medowo Kandangan Kediri, Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam Vol. 3 No 1 2020. ISSN: 2614-8013. DOI: https://doi.org/10.31538/nzh.v3i1.399

Nasrulloh, Pesantren Masa Depan, Bandung: Pustaka Hidayah, 1999.

Ramayulis, Metodologi Pendidikan Agama Islam, Jakarta: Kalam Mulia, 2005.

Umar, Nasaruddin.Rethinking Pesantren,Jakarta: Gramedia, 2014.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R dan D, Bandung, Alfabeta, 2008.

Tanzeh, Ahmad. Metodologi Penelitian Praktis, Yogyakarta: Teras, 2011.

Zakiah, Daradjat. Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam, Jakarta: Bumi Aksara, 2008.

Published
2020-03-14
How to Cite
Sunardi, & Irfan, M. A. (2020). METODE YASSARNAA PADA PEMBELAJARAN KITAB KUNING DI PONDOK PESANTREN ABDUL HAMID SHOLEH KAYANGAN DIWEK JOMBANG. Ilmuna: Jurnal Studi Pendidikan Agama Islam, 2(1), 69-84. Retrieved from https://jurnal.stituwjombang.ac.id/index.php/ilmuna/article/view/135
Section
Articles