MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DI PONDOK PESANTREN

Authors

  • Siti Hajah Khalifaturohma UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Zahrotul Mufida UIN Sunan Ampel Surabaya

Abstract

The Islamic Boarding School is the oldest education institution in Indonesia. It doesn’t hold on firmly to the classical method. But. It also follows the development. Until the emergence terminology of modern Islamic Boarding School. Including It’s learning model which has followed to era development. But. It still maintains the Islamic Boarding School’s values. One is problem solving earning model. The discussion this time will talk over related to problem solving as the authentic concept and tried to be compared with the Islamic Boarding school  problem solving that’s called bahtsul masail. The result of discussion indicates that bahtsul masa’il is more classic than problem solving. But. bahstul masa’il provides  the problem solving more complex. It doesn’t just based on the logical law. But also it must basically principled to Al Quran and Hadist and other instinbat methods.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A. Idhoh Anas, H, “Kurikulum Dan Metodologi Pembelajaran Pesantren”, Cendekia, Vol. 10 No. 1. Juni 2012.

Amin Haedari, HM., Masa Depan Pesantren dalam Tantangan Moderenitas dan Tantangan Komplesitas Global, Jakarta: IRD Pess, 2004.

Andy Purnomo, Eko dan Venissa Dian Mawarsari, “Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Melalui Model Pembelajaran Ideal Problem Solving Berbasis Project Based Learning”, JKPM, VOL 01. NO. 01. Januari, 2014.

Arifin, Imron, Kepemimpinjan Kyai Kasus Pondok Pesantren Tebuireng, Malang: Kalimasahada Press, 1993.

Azra, Azyurmardi, Jaringan Ulama Timur Tengah dan Kepulauan Nusantara Abad XVII & XVIII: Akar Pembaruan Islam Indonesia, Jakarta: Prenada Media, 2005.

Baso, Ahmad, Pesantren Studies, Buku II; Kosmopolitanisme Peradaban Kaum Santri di Masa Kolonial, Juz Pertama/2a; Pesantren, Jaringan pengetahuan dan Karakter Kosmopolitan-kebangsaannya, vol.1, Jakarta : Pustaka Afid, 2012.

Burhanudin, Jajat dan Dira Afriyanti, Mencetak Muslim Modern Peta Pendidikan Islam Ddi Indonesia. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2006.

Cholis, Muhammad, “Penerapan Bahtsul Masail Sebagai Problem Based Learning (PBL) Di Pondok Pesantren Sirojuth Tholibin Brabo, Tanggungharjo, Grobogan” Skripsi – IAIN Surakarta, 2018.

Dhofir, Zamarkasyari, Tradisi Pesantren, Studi Tentang Pandangan Hidup Kyai, Jakarta: LP3ES, 1985.

Dwi Kurino, Yeni, “Problem Solving Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Operasi Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Bulat Di Kelas V Sekolah Dasar”, Jurnal Cakrawala Pendas, Vol. 04, No. 01. Januari, 2018.

H. Chirzin, M, Agama, Ilmu, dan Pesantren, dalam M. Dawam Raharjo, Pesantren dan Pembaruan, Jakarta: LP3ES, 1985.

Hariadi, Evolusi Pesantren Studi Kepemimpinan Kiai Berbasis Orientasi ESQ, Yogyakarta: LKiS, 2015.

K Rukiati, Enung dan Fenti Hikmawati, Sejarah Pendidikan Islam di Indonesia, Bandung: Pustaka Setia, 2006.

Krulik, Stephen dan Rudnick, The New Sourcebook for teaching Reasoning and Problem Solving in Elementary School, Boston: Temple University, 1995.

Madjid, Nurcholish, Bilik-Bilik Pesantren: Sebuah Potret Perjalanan, Jakarta: Dian Rakyat, 1997.

Maya, Widia dan Endang Susiloningsih, Penerapan Model ASSURE Dengan Metode Problem Solving Untuk Meningkatkan Ketrampilan Berpikir Kritis, Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, Vol 9, No. 1, 2015.

Mochtar, Affandi, Membedah Diskursus Pendidikan Islam, Ciputat: Kalimah, 2001.

Mujib, Abdul dan Jusuf Mudzakkir, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Kencana, 2008.

Munif, Chatib, Gurunya manusia, Bandung: Kaifa Mizan Pustaka, 2010.

Munjih Nasih, Ahmad dan Lilik Nur Kholidah, Metode Dan Teknik Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Bandung: Rofila Aditman, 2009

Mustajab, Masa Depan Pesantren: Telaah Atas Model Kepemimpinan dan Manajemen, Pesantren Salaf, Yogyakarta: LKiS, 2015.

Mustofa, Ali, “Perkembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Pesantren, Madrasah dan Sekolah” Jurnal Pikir: Jurnal Studi Pendidikan dan Hukum Islam, Vol 1, No,2. September, 2015.

Nur Hasan, M. “Model Pembelajaran Berbasis Pondok Pesantren Dalam Membentuk Karakter Siswa (Penelitian pada Santri di Ponpes Roudhotut Tholibin Rembang)”, Edukasi Jurnal Penelitian & Artikel Pendidikan, Vol. 01, No. 02.

PISS KTB, Tim Dakwah Pesantren, Tanya Jawab Agama Islam, Jakarta: Daarul Hijrah Technology, 2015.

Prasojo, Soedjoko, Profil Pesantren, Jakarta: LP3ES, 1978.

Sagala, Syaiful, “Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan Pondok Pesantren”, Jurnal Tarbiyah, Vol. 22, No. 01. Juli-Desember, 2015.

Shiddiq, Ahmad, “Tradisi Akademik Pesantren”, Tadrîs, Vol. 10, No. 02, Desember 2015.

Sudarman. “Problem Based Learning: Suatu Model Pembelajaran Untuk Mengembangkan dan Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah”, Jurnal Pendidikan Inovatif, Vol. 01, No. 02, 68-73.

Sugiati, “Implementasi Metode Sorogan pada Pembelajaran Tahsin dan Tahfidz Pondok Pesantren”, Jurnal Qathruna, Vol. 03, No. 01. Januari-Juni, 2016.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2012.

Sulastri, “Penerapan Metode Problem Solving Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Pkn Di Kelas VIIIc SMP Negeri 2 Tolitoli”, Jurnal Kreatif Tadulako Online, Vol. 04, No. 06.

Ungguh Muliawan, Jasa, Pendidikan Islam Integratif, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2005.

Utomo, Wahyu, “Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Ciri-Ciri Makhluk Hidup Dengan 4 Menggunakan Model Problem Solving Siswa Kelas III Madrasah Ibtidaiyah Negeri Jambangan Surabaya Tahun Pelajaran 2013-2014” (Skripsi – UIN Sunan Ampel Surabaya, Surabaya, 2014), 12.

Wafa, Ali, “Problem Solving Berbasis Pesantren”, Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 08, No. 02 , Agustus, 2015

Wafi Has, Abd, Ijtihad Sebagai Alat Pemecahan Masalah Umat Islam, Jurnal Episteme, Vol. 8, No. 1, Juni 2013.

Downloads

Published

2020-10-05 — Updated on 2020-10-05

Versions

How to Cite

Khalifaturohma, S. H., & Mufida, Z. (2020). MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DI PONDOK PESANTREN. Ilmuna: Jurnal Studi Pendidikan Agama Islam, 2(2), 155-171. Retrieved from https://jurnal.stituwjombang.ac.id/index.php/ilmuna/article/view/171

Issue

Section

Articles