PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN SIKAP RELIGIUS SISWA MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER IPNU IPPNU DI MADRASAH ALIYAH MUALIMIN MUALIMAT REMBANG

Authors

  • Dwi Novitasari Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara
  • Saefudin Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara

DOI:

https://doi.org/10.54437/ilmuna.v7i2.2208

Keywords:

Guru PAI, Sikap Religius, IPNU IPPNU

Abstract

This study aims to analyze the role of Islamic Religious Education (PAI) teachers and identify supporting and inhibiting factors of the role of Islamic Religious Education (PAI) teachers in improving students' religious attitudes through IPNU and IPPNU extracurricular activities at Madrasah Aliyah Mualimin Mualimat Rembang. This study uses a qualitative approach of case study type, with data collection techniques using interviews and documentation, data analysis techniques according to Miles and Huberman through the stages of data reduction, data presentation and drawing conclusions. This study reveals that PAI teachers act as mentors, motivators, and role models in religious activities. These extracurricular activities have proven effective in shaping students' religious character and increasing their understanding of religious teachings. However, there are challenges in implementing the role of teachers, such as limited time and the support needed. This study reveals that the active participation of PAI teachers in extracurricular activities is crucial to achieving the desired goals of religious education.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akhsan, R. A. Analisis Program Pembentukan Karakter Religius melalui Organisasi Remaja. Jakarta: Uin Syarif Hidayatullah. 2021

Akmal, M. N., & Masnawati, E. Pelaksanaan Kegiatan Ekstrakurikuler Keagamaan dalam Membentuk Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam di Madrasah Tsanawiyah Darul Ulum Waru Sidoarjo. Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Agama Islam, 2(5), (2024). 366-381.

Anton, Fathoni, A., & Aziz, A.. Peran Ekstrakurikuler PAI dalam Membangun Sikap Spiritual, Moral, dan Perilaku Peserta Didik Sehari-hari. Journal of Multidisciplinary Inquiry in Science, Technology and Educational Research, 2(1b), (2025) 2113–2120.

AR, M. A. Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Kepedulian Siswa terhadap Lingkungan Sekolah di MTs Muallimin Muhammadiyah Makassar. Makassar: Universitas Muhammadiyah Makassar. 2024

Atqia, W., & Jannah, R. Pembinaan Sikap Tanggung Jawab dan Religius Remaja melalui Organisasi IPNU IPPNU Desa Gumawang Kecamatan Wiradesa. Nusantara : Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 3(3), (2021). 326-339.

Campbell, S., Greenwood, M., & Wlker, K. Purposive sampling: complex or simple? Research case examples. Journal of research in nursing : JRN, 25(8), (2020).652–661.

Choiriyah, N. R. Peranan Guru PAI sebagai Pembimbing dalam Meningkatkan Karakter Religius pada Anggota Ekstrakurikuler Majelis Taklim di SMAN 1 Pace Nganjuk. Kediri: Iain Kediri. 2023

Fahmi, U. Pembentukan Karakter Religius bagi Peserta Didik melalui Organisasi IPNU IPPNU di MTs Ma’arif NU 1 Cilongok Kabupaten Banyumas. Purwokerto: IAIN Purwokerto. 2019

Fikar, S., & Saefudin, A. Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Ahlussunnah Wal Jamaah An-Nahdliyyah di SMP Islam Pecangaan Jepara. JASNA : Journal for Aswaja Studies , 2(1), (2022). 79-94.

Gomes, L. A., Vasconcellos, L., & Hamza, K. M. Editorial: A roadmap for data analysis in qualitative research. RAUSP Management Journal, 58(3), (2023). 190-196.

Gunawan, R. Pengaruh Ekstrakurikuler Keagamaan Terhadap Pembentukan Karakter Religius Peserta Didik Di SMAN 1 Margaasih. LECTURES Journal of Islamic and Education Studies, 2(1), (2023). 9-21.

Hasanah, N., & Mustofa, T. A. Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menanamkan Karakter Religius Siswa di Sekolah. JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(4), (2023). 4810-4815.

Hidayat, A. Pentingnya Kegiatan Ekstrakurikuler Keagamaan bagi Siswa. Analysis: Journal Of Education, 2(2), (2024).370-376.

Isnaini, H. Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Religius Siswa. Ikhlas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam, 1(4), (2024). 95-111.

Juwono, H., & Syahid, M.. Peran Ekstrakurikuler Keagamaan dalam Meningkatkan Kesadaran Beragama Siswa-Siswi Mts Puspa Bangsa Kecamatan Cluring. IHSANIKA : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(3), (2023) 206–215.

Lubis, H. B. Peran Guru PAI dalam Pembentukan Karakter Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Kualitas Pendidikan, 2(3), (2024). 358–362.

Mulyadi.. Peranan Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Islami Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Edusiana : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), (2024) 92-104.

Nirmawati, A. A., Mohtarom, A., Ma'ruf, A., & Yusuf, W. F.. Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menanamkan Pendidikan Karakter Religius Berbasis Aswaja di Madrasah Aliyah Ma’arif Sukorejo. Ar-Risalah Media Keislaman Pendidikan Dan Hukum Islam, 21(2), (2023) 226-238.

Nurdin. Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membina Kedisiplinan Siswa melalui Ekstrakurikuler Kultum dan Shalat Berjama’ah. An-Nida: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), (2019).76-84.

Nurkoriah, D. Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Islam melalui Kegiatan PAC IPNU IPPNU dalam Membentuk Kepribadian Remaja Islami Anggota PAC IPNU IPPNU Kecamatan Sendang Agung Kabupaten Lampung Tengah. Lampung: Uin Raden Intan Lampung. 2024

Syafi, A. A. Upaya Guru PAI dalam Membentuk Karakter Religius Siswa melalui Ekstrakurikuler Keagamaan di SMA Negeri 1 Kandat. Kediri: IAIN Kediri. 2020.

Tobasa, M. R., Rohmah, F. N., Fardana, S. F., Azizah, S. N., Falikah, T. Y., & Suef, M. Dampak Pemangkasan Materi PAI dalam Kurikulum Merdeka di. Prosiding Hasil Pelaksanaan Program Pengenalan Lapangan Persekolahan, (pp. 2387-2395). (Yogyakarta. 2023).

Downloads

Published

2025-06-24

How to Cite

Novitasari , D. ., & Saefudin, A. . (2025). PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN SIKAP RELIGIUS SISWA MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER IPNU IPPNU DI MADRASAH ALIYAH MUALIMIN MUALIMAT REMBANG. Ilmuna: Jurnal Studi Pendidikan Agama Islam, 7(2), 335–349. https://doi.org/10.54437/ilmuna.v7i2.2208

Issue

Section

Articles