PENGARUH METODE ILMAN WA RUUHAN DAN MINAT MENGHAFAL TERHADAP HASIL BELAJAR AL-QUR’AN HADIST
DOI:
https://doi.org/10.54437/ilmuna.v7i2.2501Keywords:
Metode, Ilman Wa Ruuhan, Minat Menghafal, Al-Qur’an HadistAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode Ilman wa Ruuhan dan minat menghafal terhadap hasil belajar mata pelajaran Al-Qur’an Hadis peserta didik kelas VIII di MTs Terpadu Al Ishlah Gorontalo. Latar belakang penelitian ini didasari oleh kebutuhan akan metode pembelajaran yang tidak hanya menekankan aspek kognitif, tetapi juga spiritual dan emosional peserta didik dalam memahami dan menghafal Al-Qur’an Hadis. Metode Ilman wa Ruuhan, yang mengintegrasikan pendekatan keilmuan dan ruhaniyah, dipandang mampu menumbuhkan kedekatan emosional peserta didik terhadap materi yang dipelajari, sehingga berpotensi meningkatkan hasil belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode non eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII di MTs Terpadu Al Ishlah Gorontalo, dengan jumlah sampel sebanyak 83 orang yang dipilih melalui teknik simpel random sampling. Instrumen yang digunakan berupa angket untuk mengukur metode ilman wa ruuhan dan minat menghafal. Sementara itu, hasil belajar diukur melalui nilai evaluasi mata pelajaran Al-Qur’an Hadis. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara metode Ilman wa Ruuhan terhadap hasil belajar peserta didik. Selain itu, minat menghafal juga berpengaruh secara positif terhadap capaian nilai peserta didik. Secara simultan, metode Ilman wa Ruuhan dan minat menghafal memberikan kontribusi yang signifikan terhadap peningkatan hasil belajar Al-Qur’an Hadis. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa metode Ilman wa Ruuhan yang dipadukan dengan minat menghafal mempunyai pengaruh terhadap pembelajaran Al-Qur’an Hadis. Oleh karena itu, disarankan kepada pendidik untuk menerapkan metode ini secara konsisten dan menumbuhkan minat menghafal pada peserta didik sebagai bagian dari strategi peningkatan mutu pembelajaran.
Downloads
Downloads
Published
Versions
- 2025-09-23 (3)
- 2025-09-22 (2)
- 2025-09-22 (1)