PEMANFAATAN APLIKASI E-LEARNING DALAM PEMBELAJARAN AGAMA ISLAM

Authors

  • Erma Athiyatur Rofi’ah STAI Ihyaul Ulum Gresik

DOI:

https://doi.org/10.54437/ilmuna.v7i1.2614

Keywords:

Pemanfaatan, E-Learning, Pembelajaran Agama Islam.

Abstract

Pemanfaatan e-learning pada pembelajaran Agama Islam penting untuk dilakukannya sebab pada saat ini perkembangan teknologi telah berkembang secara pesat yang membuka peluang pemanfaatan e-learning menjadi strategi pembelajaran yang tepat. Tujuan dalam penelitian ini yaitu mendeskripsikan pemanfaatan e-learning dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang dapat dikembangkan bagi guru maupun lembaga pendidikan dalam menciptakan strategi pembelajaran yang lebih optimal. Pada penelitian ini memiliki jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui penelusuran literatur secara daring pada berbagai basis data ilmiah. Data yang diperoleh dari sumber-sumber tersebut kemudian dianalisis menggunakan pendekatan deduktif–induktif. Berdasarkan hasil kajian dari berbagai literatur, dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan e-learning dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) membawa dampak positif yang signifikan terhadap proses dan hasil belajar peserta didik. E-learning tidak hanya meningkatkan interaktivitas, fleksibilitas, dan efektivitas pembelajaran, tetapi juga mendorong terbentuknya kemandirian belajar serta mempermudah guru dalam mengelola kegiatan pembelajaran secara digital.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-11-15

How to Cite

Athiyatur Rofi’ah, E. (2025). PEMANFAATAN APLIKASI E-LEARNING DALAM PEMBELAJARAN AGAMA ISLAM. Ilmuna: Jurnal Studi Pendidikan Agama Islam, 7(1), 373–382. https://doi.org/10.54437/ilmuna.v7i1.2614

Issue

Section

Articles