POLA ASUH ORANG TUA PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM

Authors

  • Ulin Nafiah STIT Al Urwatul Wutsqo Jombang
  • Hani Adi Wijono STIT Al-Urwatul Wutsqo Jombang

Abstract

Pola asuh menjadi pendidikan awal yang diterima anak dalam lingkungannya. Melalui pola asuh inilah anak dapat tumbuh dan berkembang. Dan pola asuh inilah yang menjadi nilai utama bagi orang tua, terutama ibu dalam membentuk kepribadian anak. Apabila anak diasuh, dibesarkan dan dididik dengan hal-hal yang bersifat kebaikan, maka anak akan tumbuh pada kebaikan itu dan akan mendapatkan kebahagiaan dunia akhirat. Sebaliknya, bilamana anak diasuh dengan kekerasan dan kejelekan, maka anak akan tumbuh dengan kekerasan tersebut. Konsep pola asuh dalam perspektif Islam adalah pola asuh yang dapat memberikan keteladanan, nasehat, perhatian atau pengawasan, kebiasaan baik dan juga perhatian terhadap moral anak. Sedangkan konsep pola asuh secara psikologi dapat dibedakan menjadi empat, yakni pola asuh demokratis, otoriter, permisif, serta yang bersifat ancaman.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adhim, M. F. (2006). Positive Parenting: Cara-cara Islami Mengembangkan Karakter Positif pada Anak Anda. Bandung: Mizania.

al-Amir, N. K. (2002). Mendidik Cara Nabi SAW, terj.M Ikbal Haetami. Bandung: Pustaka Hidaya.

Al-Hafidz, A. W. (2010). Fikih Kesehatan. Jakarta: Amzah.

Arifin, M. (2000). Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.

Baiquni, A. N. (2016). Jika Salah Mengasuh Mendidik Anak. Yogyakarta: Sabil.

Boediono. (2005). Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Surabaya: Karya Agung.

Casmini. (2007). Dasar-dasar Pengasuhan Kecerdasan Emosi Anak. Yogyakarta: Nuansa Askara.

Djamarah, S. B. (2004). Pola Komunikasi Orang Tua & Anak Dalam Keluarga. Jakarta: Rineka Cipta.

Faruk, L. (2015). Kesebelasan Gen Halilintar. Jakarta: Sukma Corpora Indonesia.

Gichara, J. (2010). Ibu Bijak Melahirkan Anak yang Hebat. Jakarta: Alex Media Komputindo.

Gordon, T. (1994). Menjadi Orang Tua Yang Efektif. Jakarta: Gramedia.

Hakim, M. A. (2002). Mendidik Anak Secara Bijak (Panduan Keluarga Muslim Moderen). Bandung: Marja.

Hasyim, Umar. (1993). Anak Soleh (Cara Mendidik Anak dalam Islam). Surabaya: Bina Ilmu.

Hasan, M. S., & Azizah, M. (2020). Strategi Pondok Pesantren Al Urwatul Wutsqo dalam Menghadapi Tantangan Modernisasi. Al-Idaroh: Jurnal Studi Manajemen Pendidikan Islam, 4(1), 15-28. Retrieved from https://www.jurnal.stituwjombang.ac.id/index.php/al-idaroh/article/view/111

Hidayah, R. (2009). Psikologi Pengasuhan Anak. Malang: UIN-Malang Press.

Huck, P. (1993). Psikologi Pouler, (Mendidik Anak dengan Berhasil). Jakarta: Arcan.

Hurlock, E. B. (1993). Perkembangan Anak ( Child Development). Jakarta: Erlangga.

Indonesia, D. A. (2010). Al Qur,an dan Terjemahannya. Bandung: Diponegoro.

Kartono, K. (1982). Peranan Keluarga Memadu Anak, Sari Psikologi Terapan. Jakarta: Rajawali Press.

Kebudayaan, D. P. (1996). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

M.J, M. (2009). Psikologi Anak dan Remaja Muslim. Jakarta: Pustaka Al Kautsar.

Majid, A. (1973). Attarabiyyah watturuquttadris. Mesir: Darul Ma'ruf.

Markum, M. E. (1985). Anak Keluarga dan Masyarakat. Jakarta: Sinar Harapan.

Muallifah. (2009). Psyco Islamic Smart Parenting. Jogjakarta: DIVA Press.

Mursi, M. A. (2007). Mendidik Anak dengan Cerdas, terj, Arif Rahman Hakim. Sukoharjo: Insan Kamil.

Noeman, R. R. (2012). Amazing Parenting: Menjadi Orang Tua Asyik Membentuk Anak Hebat. Jakarta: Noura Books.

Nuraini, H. (2007). Memilih dan Membuat Jalan Anak yang Sehat dan Halal. Jakarta: Qultum Media.

Purwanto, M. N. (2000). Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Rachman, M. F. (2011). Islamic Parenting. Jakarta: Gramedia.

Rinaldi, I. (t.thn.). Mendidik Anak dengan Hati. Yogyakarta: Salaman Al Farisi.

Rusn, A. (2009). Pemikiran Al-Ghazali dalam Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Shofi, U. (2007). Agar Cahaya Mata Makin Bersinar: KIat;kiat Mendidik Ala Rasulullah. Surakarta: Afra Publising.

Singgih, S. D. (2007). Psikologi Remaja. Jakarta: Gunung Mulia.

Solechan, & Fatmawati, E. (2021). PENANAMAN NILAI-NILAI AGAMA ISLAM MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA DI SMP PGRI JOGOROTO – JOMBANG. Urwatul Wutsqo: Jurnal Studi Kependidikan Dan Keislaman, 10(1), 73-86. Retrieved from https://www.jurnal.stituwjombang.ac.id/index.php/UrwatulWutsqo/article/view/230

Suhartin, R. I. (1986). Cara Mendidik Anak dan Keluarga Masa Kini. Jakarta: Bhratara Karya.

Suwaid, M. N. (2004). Mendidik Anak Bersama Nabi, ter Salafuddin Abu Syyaid. Solo: Pustaka Arafah.

Tafsir, A. (2000). Pendidikan Agama dalam Keluarga. Bandung : Rosda Karya.

Thoha, C. (1996). Kapita Selekta Pendidikan Agama Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Tim Penyusun Kamus Pusat Pembinaan dan Pengembangan bahasa, D. (1998). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Ulwan, A. N. (1990). Pedoman Pendidikan Anak Dalam Islam. Bandung: as Syifa.

Ulwan, A. N. (2009). Mencintai dan Medidik Anak Secara Islami. Yogyakarta: Darul Hikmah.

Uhbiyati, Nur. (1998). Ilmu Pendidikan Islam 1. Bandung: Pustaka Setia

Yusuf, S. (2008). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Zuhairini. (2006). Islam dan Pendidikan Keluarga dalam Mudjia Rahardjo. Malang: UIN Malang Press.

Downloads

Published

2021-08-09

How to Cite

Ulin Nafiah, & Hani Adi Wijono. (2021). POLA ASUH ORANG TUA PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM. Irsyaduna: Jurnal Studi Kemahasiswaaan, 1(2), 155-174. Retrieved from https://jurnal.stituwjombang.ac.id/index.php/irsyaduna/article/view/296

Issue

Section

Articles