Resitasi Untuk Menguatkan Metode Direct Instruction Dalam Peningkatan Minat Belajar Siswa Di MA Balongrejo Sumobito Jombang

Authors

  • Tulayatul Mufida STIT Al-Urwatul Wutsqo Jombang Indonesia
  • Nurul Lailiyah STIT Al Urwatul Wutsqo Jombang Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54437/irsyaduna.v3i1.903

Abstract

Resitasi untuk menguatkan metode direct instrction adalah metode belajar yang dianggap mampu membantu guru dalam meningkatkan minat belajar peserta didik, minat tersebutlah yang mampu meningkatkan kemauan dan konsentrasi studi peserta didik dari kemauan itu akan lebih mudah bagi peserta didik dalam memahami pelajaran. Dari hal tersebut rumusan masalah dalam penelitian meliputi: 1. Bagaimana penerapan resitasi untuk menguatkan metode Direct Instruction pada mata pelajaran SKI di MA Balongrejo Sumobito Jombang?, 2. Bagaimana penerapan resitasi untuk menguatkan metode Direct Instruction dalam meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran SKI di MA Balongrejo Sumobito Jombang?. Fokus penelitian skripsi ini mencakup dua hal yaitu: 1.Penerapan resitasi untuk menguatkan metode Direct Instruction pada mata pelajaran SKI di MA Balongrejo Sumobito Jombang, 2.Resitasi untuk menguatkan metode Direct Instruction dalam meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran SKI di MA Balongrejo Sumobito Jombang. Tujuan penelitian ini ialah: 1. Untuk mendeskripsikan penerapan resitasi untuk menguatkan metode ceramah pada mata pelajaran SKI di MA Balongrejo Sumobito Jombang,  2. Untuk mendeskripsikan minat belajar siswa sebelum penerapan resitasi untuk menguatkan metode ceramah pada mata pelajaran SKI di MA Balongrejo Sumobito Jombang, 3. Untuk mendeskripsikan evaluasi resitasi untuk menguatkan metode ceramah pada mata pelajaran SKI dalam meningkatkan minat belajar siswa di MA Balongrejo Sumobito Jombang.

Penelitian ini adalah  penelitian(field research) dengan menggunakan metode kualitatif desainnya studi kasus. Dengan rancangan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kehadiran peneliti dalam penelitian ini sebagai instrument kunci dan peneliti merupakan pengamat sebagai partisipan.

Hasil penelitian ditemukan bahwa resitasi untuk menguatkan metode ceramah memang sangat mempengaruhi minat belajar siswa, dimana dapat dilihat secara langsung bahwa dengan menambahkan resitasi atau penugasan siswa lebih terfokus dan berpartisipasi aktif selama pembelajaran berlangsung

Kesimpulan dari pemaparan diatas bahwa resitasi untuk menguatkan metode direct instruction memang berpengaruh terhadap peningkatan minat belajar siswa pada matapelajaran SKI terkhusus materi yang berisi cerita yang menjadikan siswa mudah bosan ketika pembelajaran berlangsung.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abiyoga, B., & Rahmiati, R. (2021). Efektivitas Media Pembelajaran Berbasis Android pada Mata Pelajaran Perawatan Wajah, Badan (Body Massage) dan Waxing di SMK. Jurnal Edutech Undiksha, 9(2), Article 2.

Afifah, D. N. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Snowball Throwing Dalam Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X3 Pada Mata Pelajaran Fiqh Di MAN 2 Situbondo Tahun Pelajaran 2022/2023. UIN KHAS Jember.

Al Fathi, A. F. (2017). Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di MTs. Manaratul Islam Jakarta.

Budisantosa, -. (2015). Peningkatan Keterampilan Mengajar Ilmu Pengetahuan Alam Melalui Pendampingan Penggunaan Model Kooperatif Jigsaw Pada Guru-Guru Sd Soka Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Ilmiah Guru Caraka Olah Pikir Edukatif, 19(2), Article 2. https://doi.org/10.21831/jig

Hadi, S. (2017). Pemeriksaan Keabsahan data penelitian kualitatif pada skripsi. Jurnal Ilmu Pendidikan, 22(1).

Inah, E. N. (2014). Pengaruh Metode Ceramah Plus dan Resitasi Terhadap Prestasi Belajar Statistik Pendidikan Mahasiswa Tarbiyah STAIN Kendari. 9(1).

Istiqamah, I., Sugiarti, & Wijaya, M. (2019). Perbandingan Pemahaman Konsep Dan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning Dan Direct Instruction (Studi Pada Materi Pokok Laju Reaksi) [Masters, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR]. http://eprints.unm.ac.id/13569/

Muis, A. A. (2021). Peranan Internet Sebagai Sumber Belajar Dalam Meningkatkan Minat Belajar Pendidikan Agama Islam Peserta Didik Kelas Xi Di Sma Muhammadiyah Parepare. Jurnal Al-Ibrah, 10(1), 189–222.

Nadhiroh, U. (2023). Analisis Metode Resitasi Bercerita Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar pada Materi Meneladani Kisah Ashabul Kahfi. Journal of Education Action Research, 7(2).

Nasution, T. (2017). Konsep Dasar Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Membangun Karakter Siswa. Ijtimaiyah: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 1(2), Article 2. http://repository.uinsu.ac.id/10637/

Novariyanti, V. (2017). Penerapan Metode Resitasi Terhadap Hasil Belajar Dalam Pembelajaran Sosiologi Di Kelas Xi Ips 1 Sma Islamiyah Pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 6(8), Article 8. https://doi.org/10.26418/jppk.v6i8.21026

Rohani, R. (2020). Media pembelajaran.

Sa’adah, N. A., & Drs. Mulyadi Sri Kamulyan, S. H. (2013). Peningkatan Minat Belajar Bahasa Indonesia dengan Menerapkan Model Complete Sentence pada Siswa Kelas V SD Negeri Gunungtumpeng 01 Kecamatan Suruh Kabupaten Semarang Tahun Ajaran 2012/2013 [S1, Universitas Muhammadiyah Surakarta]. https://doi.org/10/02._JURNAL_ILMIAH.pdf

Saodah, S., Pratiwi, A. R., Pratiwi, S. A., & Halimah, S. (2020). Pengunaan Media dalam Pembelajaran PKn SD. PANDAWA, 2(3), 386–395.

Sholehuddin, S., Tambunan, A., & Karimah, U. (2021). Implementasi Integrasi Kurikulum Pada Proses Pembelajaran Dalam Pembentukan Karakter Santri (Studi Kasus di Pesantren Tahfizh Daarul Qur’an Takhassus Banyuwangi). Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ, 2021(0), Article 0. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaslit/article/view/15575

Sofyan, H. (2015). Perkembangan anak usia dini dan cara praktis peningkatannya. Cv. Infomedika.

Tiarasari, A. T., Sukarno, S., & Sarwanto, S. (2018). INTERACTIVE MULTIMEDIA USE TO INCREASE LEARNING INTEREST. Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series, 1(1). https://doi.org/10.20961/shes.v1i1.23540

Uno, H. B., & Mohamad, N. (2022). Belajar dengan pendekatan PAILKEM: pembelajaran aktif, inovatif, lingkungan, kreatif, efektif, menarik. Bumi Aksara.

Utami, E. S. (2020). Peningkatan Mutu Pembelajaran Matematika Melalui Cooperative Learning Model Jigsaw di SMK Sriwijaya 2 Wangon. Educatif Journal of Education Research, 2(4), 139–142.

Zain, M. (2017). Pengembangan Strategi Pembelajaran Dan Pemilihan Bahan Ajar. Inspiratif Pendidikan, 6(1), Article 1. https://doi.org/10.24252/ip.v6i1.4925

Downloads

Published

2023-05-24

How to Cite

Mufida, T., & Lailiyah, N. . (2023). Resitasi Untuk Menguatkan Metode Direct Instruction Dalam Peningkatan Minat Belajar Siswa Di MA Balongrejo Sumobito Jombang. Irsyaduna: Jurnal Studi Kemahasiswaaan, 3(1), 53–66. https://doi.org/10.54437/irsyaduna.v3i1.903

Issue

Section

Articles